Fermipan Adalah Ragi Pengembang, Ketahui Manfaat dan Cara Menggunakannya

Rabu, 9 September 2020 17:15 Reporter : Novi Fuji Astuti
Fermipan Adalah Ragi Pengembang, Ketahui Manfaat dan Cara Menggunakannya fermipan. shopee.co.id

Merdeka.com - Bagi kamu yang suka membuat kue sendiri, mungkin tak asing lagi dengan fermipan. Fermipan adalah salah satu bahan pengembang instan berjenis ragi kering. Jadi, fermipan adalah salah satu merek ragi instan. Saking populernya, banyak orang tidak menyadari kalau fermipan sebenarnya adalah ragi itu sendiri.

Ragi atau dikenal juga dengan sebuatan yeast merupakan mikroorganisme dari jenis Saccharomyces cerevisiae. Dalam pembuatan roti dan kue, ragi berfungsi untuk memfermentasi karbohidrat dan menghasilkan CO2 (karbon dioksida) dan menciptakan alkohol dalam tepung.

Adonan roti atau kue akan mengembang karena CO2 yang terperangkap dalam gluten (zat dalam tepung). Alkohol yang tercipta juga menguap selama proses pemanggangan. Ragi dalam hal ini akan membuat adonan tepung menjadi elastis dan lebih melekat, sehingga dapat menambah cita rasa dan aroma dari roti atau kue itu sendiri.

Ragi instan seperti fermipan sangat mudah ditemukan di pasaran. Bahkan kamu juga bisa membelinya di toko kelontongan sekalipun. Agar kamu tidak keliru dalam menggunakan fermipan dan hasil kue yang kamu buat jadi lebih enak, maka penting bagimu untuk memperhatikan cara penggunaan fermipan yang baik dan benar.

Berikut ini informasi mengenai fermipan adalah ragi pengembang, lengkap dengan manfaat dan cara menggunakannya yang telah dirangkum merdeka.com melalui kerjanya.net dan stoqo.com pada Rabu, (9/9/2020).

Baca Selanjutnya: Manfaat Fermipan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini