Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku, Perhatikan Urutannya

Senin, 23 Mei 2022 14:10 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku, Perhatikan Urutannya Ilustrasi buku. ©Shutterstock/Maglara

Merdeka.com - Cara menulis daftar pustaka dari buku perlu diketahui khususnya bagi akamadesi.Menulis daftar pustaka jadi salah satu kemampuan yang perlu kamu miliki saat hendak menulis makalah, jurnal, laporan penelitian, skripsi, tesis hingga disertasi. Oleh karena itu, cara menulis daftar pustaka dari buku wajib dipahami.

Daftar pustaka menjadi salah satu acuan bagi pembaca untuk mengetahui sumber-sumber dari tulisan apakah dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau tidak. Sumber tulisan dapat diambil dari artikel, wawancara langsung maupun dari buku-buku bacaan.

Jika dalam hal ini kamu memanfaatkan buku sebagai sumber dari tulisanmu maka kamu perlu memahami bagaimana cara menulis daftar pustaka dari buku. Tak bisa sembarangan, cara menulis daftar pustaka dari buku perlu memperhatikan urutannya.

Selanjutnya, hal paling dasar yang juga perlu kamu tahu adalah pengertian dari daftar pustaka itu sendiri. Berikut informasicara menulis daftar pustaka dari buku telah dirangkum merdeka.com melalui media.neliti.com.

2 dari 3 halaman

Pengertian Daftar Pustaka

Sebelum mengetahui cara menulis daftar pustaka dari buku, ketahui dulu apa itu daftar pustaka.

Daftar pustaka merupakan sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel-artikel dan bahan-bahan penerbitan lainnya yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan seperti skripsi, tesis, disertasi hingga jurnal.

Melalui daftar pustaka yang disertakan pada akhir tulisan, para pembaca dapat melihat kembali pada sumber aslinya. Hal yang perlu dicantumkan dalam daftar pustaka adalah nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit.

Fungsi Daftar Pustaka

Kegunaan daftar pustaka yaitu sebagai bahan rujukan atau sumber seorang penulis dalam membuat karya. Menunjukkan bahwa karya bukan merupakan hasil dari pemikiran penulis sendiri, tetapi juga informasi dari sumber lainnya.

Fungsi daftar pustaka lainnya juga bisa dapat ditelusuri pembaca atau penulis lainnya jika ingin mengulik informasi tersebut lebih detail. Selain itu fungsi daftar pustaka juga bentuk apresiaisi pada penulis sumber informasi. 

Fungsi daftar pustaka lainnya sebagai rujukan bahwa karya bukan merupakan hasil dari pemikiran penulis sendiri, tetapi juga informasi dari sumber lainnya. 

3 dari 3 halaman

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku

Cara menulis daftar pustaka dari buku adalah memperhatikan beberapa hal berikut ini yaitu:

Nama belakang penulis, inisial nama depan penulis. (tahun terbit). Judul buku (cetak miring). Kota Penerbit: Penerbit.

Cara menulis daftar pustaka dari buku harus memperhatikan urutannya, berikut penjelasan lengkapnya.

  • Nama penulis

Cara menulis daftar pustaka dari buku, pertama untuk penulisannya dapat dimulai dari nama belakang lebih dulu disusul dengan tanda koma dan inisial nama depannya.

Sementara untuk gelar penulis tidak perlu dicantumkan dan jika tidak ada nama penulisnya maka tidak perlu dicantumkan langsung saja menuliskan judul buku, tahun terbit dan lokasi terbit.

  • Tahun terbit

Cara menulis daftar pustaka dari buku selanjutnya melihat tahun terbit buka. Penulisan tahun terbit buku diikuti dengan tanda buka kurung dan tutup kurung. 

  • Judul buku

Cara menulis daftar pustaka dari buku selanjutnya yaitu menuliskan judul buku. Tulisan judul buku ditulis dengan tulisan miring atau italic.

  • Nama penerbit dan Kota Penerbit

Cara menulis daftar pustaka dari buku yang terakhir ialah mencantumkan nama penerbit dan kota penerbit.  Nama kota ditulis terlebih dahulu, kemudian tanda titik dua (:) dan tulis penerbit buku. 

contoh:

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Contoh cara menulis daftar pustaka dari buku 

Data Buku:

Judul     : Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar
Penulis                 : Deddy Mulyana
Penerbit              : PT Remaja Rosdakarya
Kota Penerbit    : Bandung
Tahun Terbit      : 2000

Cara menulis daftar pustaka dari buku

Mulyana, Deddy. (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Lainnya

1. Dari Skripsi dan Thesis
Jika menggunakan rujukan berupa skripsi dan thesis maka penerbitnya adalah universitas di mana skripsi dan thesis tersebut diajukan.

Contoh:
Sugiya, Aritasisus. 2012. Strategi Tranformasi Konvergensi Media. Jakarta: Universitas Indonesia

2. Dari Jurnal, Makalah, dan Laporan

Untuk menulis daftar pustaka dari jurnal, maka cantumkan volume dan halamannya. Jika mengambil dari jurnal yang diakses secara online, maka cantumkan pula URL secara lengkap dan waktu akses.

3. Dari Website
Saat ini kita bisa mencari berbagai informasi dengan cepat menggunakan internet. Ketentuan untuk menulis daftar pustaka dari website atau media online adalah mencantumkan alamat URL lengkap dari dan waktu akses.

Baca juga:
Cara Membuat Paper yang Baik dan Benar, Perhatikan Strukturnya
Contoh Kata Penutup Makalah Kesimpulan dan Saran, Bisa Jadi Referensi
Jenis-Jenis PKM Lengkap dengan Penjelasan, Pahami Perbedaannya
Tujuan Teks Eksposisi beserta Ciri, Struktur, dan Contohnya
Tujuan Teks Eksplanasi dalam Penulisan, Ketahui Karakteristiknya
Cara Membuat Kata Pengantar, Pahami Pula Pengertian dan Beberapa Contohnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini