Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Arti Kejatuhan Cicak Mitos atau Fakta? Begini Penjelasannya Menurut Islam

Arti Kejatuhan Cicak Mitos atau Fakta? Begini Penjelasannya Menurut Islam<br>

Arti Kejatuhan Cicak Mitos atau Fakta? Begini Penjelasannya Menurut Islam

Menurut sebagian orang, kejatuhan cicak bisa menjadi pertanda tertentu, bisa baik atau malah buruk.

Apakah Anda pernah mengalami kejatuhan cicak di tubuh Anda? Bagaimana perasaan Anda saat itu? Apakah Anda merasa sial, takut, atau bahkan beruntung?

Kejatuhan cicak merupakan salah satu fenomena yang sering terjadi dan menimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat. Ada yang kaget, berteriak, jijik, atau menganggapnya sebagai pertanda baik atau buruk.

Lalu, apakah kejatuhan cicak memang menjadi pertanda? Apakah arti kejatuhan cicak mitos atau fakta?

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang salah satu mitos dan fakta kejatuhan cicak yang cukup populer di masyarakat, yaitu mitos kejatuhan cicak di tangan kiri.

Kejatuhan Cicak di Tangan Kiri menurut Primbon Jawa

1. Pertanda keberuntungan: Kejatuhan cicak di tangan kiri dianggap sebagai pertanda bahwa seseorang akan segera mendapatkan keberuntungan dalam kehidupannya. Cicak yang jatuh di tangan kiri diyakini sebagai simbol bahwa rezeki atau keberuntungan akan segera datang.

2. Rezeki meningkat: Cicak di tangan kiri juga diartikan sebagai pertanda bahwa seseorang akan mendapatkan rezeki yang lebih baik dalam waktu dekat. Dalam primbon Jawa, kejatuhan cicak dianggap sebagai tanda bahwa seseorang akan segera mendapatkan rezeki yang melimpah.

3. Tanda baik dalam hubungan: Kejatuhan cicak di tangan kiri juga dihubungkan dengan hubungan interpersonal. Mitos mengatakan bahwa kehadiran cicak tersebut merupakan pertanda bahwa akan ada perubahan baik dalam hubungan dengan orang lain, seperti teman atau bahkan pasangan.

4. Kehadiran orang penting: Cicak di tangan kiri juga dianggap sebagai pertanda bahwa seseorang yang memiliki kedekatan atau punya hubungan dekat akan segera datang. Ini bisa berarti ada kehadiran seseorang yang penting dalam hidup seseorang.

5. Keberhasilan dalam karier: Kejatuhan cicak di tangan kiri bisa menjadi pertanda bahwa seseorang akan mencapai keberhasilan dalam karier atau pekerjaannya. Hal ini dikaitkan dengan simbol rezeki yang datang dalam bentuk pekerjaan atau kesempatan yang lebih baik.

6. Keberhasilan dalam studi: Bagi mereka yang sedang menekuni pendidikan atau studi, kejatuhan cicak di tangan kiri dianggap sebagai pertanda bahwa seseorang akan mencapai keberhasilan dalam belajar. Cicak tersebut diartikan sebagai simbol pengetahuan dan keberhasilan akademik.

7. Pertanda pertemuan penting: Jika seseorang mengalami kejatuhan cicak di tangan kiri, ini bisa menjadi pertanda bahwa akan ada pertemuan penting atau pertemuan yang berpengaruh dalam hidupnya. Cicak dianggap sebagai simbol dari kehadiran orang atau situasi yang memiliki pengaruh yang signifikan.

8. Perlindungan dari bahaya: Dalam primbon Jawa, kejatuhan cicak di tangan kiri juga diartikan sebagai pertanda bahwa seseorang akan mendapatkan perlindungan dari bahaya atau masalah. Cicak tersebut dianggap sebagai simbol perlindungan dari kekuatan yang lebih tinggi.

9. Keberhasilan dalam usaha: Bagi mereka yang memiliki usaha atau bisnis, kejatuhan cicak di tangan kiri bisa menjadi pertanda bahwa usaha atau bisnis mereka akan sukses dan mendapatkan keberuntungan. Cicak diartikan sebagai simbol keberhasilan dan kesuksesan.

10. Pertanda perubahan positif: Kejatuhan cicak di tangan kiri juga dihubungkan dengan pertanda perubahan positif dalam hidup seseorang. Mitos mengatakan bahwa kehadiran cicak tersebut merupakan pertanda bahwa ada perubahan positif yang akan terjadi dalam hidup seseorang, baik itu dalam karier, hubungan, atau keberuntungan.

11. Pertanda akan mendapatkan bantuan: Kejatuhan cicak di tangan kiri juga diartikan sebagai pertanda bahwa seseorang akan mendapatkan bantuan atau dukungan dari orang lain. Cicak tersebut dianggap sebagai simbol dari kehadiran seseorang yang akan memberikan bantuan atau dukungan dalam menghadapi berbagai masalah.

12. Pertanda kesembuhan: Kejatuhan cicak di tangan kiri juga dikaitkan dengan kesehatan. Dalam primbon Jawa, kehadiran cicak tersebut dianggap sebagai pertanda bahwa seseorang akan mendapatkan kesembuhan dari penyakit atau masalah kesehatan.

13. Hubungan harmonis: Cicak di tangan kiri juga diartikan sebagai pertanda bahwa seseorang akan menjalani hubungan yang harmonis dengan orang terdekatnya. Mitos mengatakan bahwa kehadiran cicak tersebut merupakan pertanda bahwa hubungan dengan orang-orang terdekat akan mengalami harmoni dan kedamaian.

14. Pertanda akan mendapatkan penghargaan: Kejatuhan cicak di tangan kiri juga dihubungkan dengan penghargaan atau pengakuan yang akan diperoleh seseorang. Cicak tersebut diartikan sebagai pertanda bahwa seseorang akan mendapatkan penghargaan atau pengakuan atas usaha dan prestasinya.

15. Pertanda keberhasilan dalam perjalanan: Jika seseorang mengalami kejatuhan cicak di tangan kiri sebelum melakukan perjalanan, ini dianggap sebagai pertanda bahwa perjalanan tersebut akan sukses dan aman. Cicak diartikan sebagai simbol dari perlindungan dalam perjalanan.

Kejatuhan Cicak di Tangan Kiri menurut Islam

Dalam pandangan Islam, segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan ini, baik maupun buruk, terjadi dengan kehendak dan ketetapan Allah. Allah-lah yang memiliki kendali penuh atas segala sesuatu yang terjadi. Jadi, tidak ada hubungan langsung antara kejatuhan cicak dengan keberuntungan seseorang.

Menurut Islam, percaya dengan arti kejatuhan cicak di tangan kiri adalah salah satu bentuk tathayyur, yaitu percaya kepada hal-hal yang tidak berdasarkan dalil syar’i, seperti angka sial, hari sial, atau binatang sial. Tathayyur termasuk dosa syirik, karena mengaitkan sesuatu dengan nasib atau takdir selain Allah. Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada tathayyur, tidak ada thiyarah (burung gagak), dan tidak ada hamah (percaya kepada burung)".

Oleh karena itu, sebagai muslim, kita tidak boleh mempercayai arti kejatuhan cicak di tangan kiri atau bagian tubuh lainnya. Kita harus berserah diri kepada Allah dan memohon perlindungan-Nya dari segala keburukan. Kita juga harus berusaha untuk membersihkan diri dari najis yang mungkin menempel akibat kejatuhan cicak.

Kita tidak perlu khawatir atau takut akan hal-hal yang tidak pasti, karena Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Semoga Allah melindungi kita dari syirik dan kesesatan. Aamiin.

Kenapa Cicak bisa Jatuh?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan cicak tiba-tiba jatuh saat merayap di dinding atau permukaan lain. Berikut adalah penjelasannya:

Faktor perubahan suhu dan siklus hidup

Cicak adalah hewan berdarah dingin, yang artinya suhu tubuh mereka bergantung pada suhu lingkungan. Jika suhu lingkungan berubah secara drastis, misalnya karena hujan, angin, atau peralatan listrik, maka suhu tubuh cicak juga akan berubah dan memengaruhi metabolisme dan aktivitas mereka. Cicak juga memiliki siklus hidup yang berbeda dengan manusia. Mereka aktif pada malam hari dan beristirahat pada siang hari. Ketika mereka bangun dari tidur atau berpindah tempat, ada kemungkinan mereka belum siap untuk bergerak dengan cepat dan stabil, sehingga bisa jatuh.

Faktor tekstur permukaan

Cicak memiliki kaki yang unik, yang dilengkapi dengan struktur mikroskopis yang disebut setae. Setae ini berfungsi sebagai cengkeraman yang memungkinkan cicak untuk bergerak di permukaan vertikal atau miring dengan gaya van der Waals. Namun, setae ini tidak bisa bekerja dengan baik di permukaan yang terlalu kasar atau terlalu halus, karena tidak bisa menempel dengan kuat. Jika cicak berada di permukaan seperti itu, ada kemungkinan mereka akan kehilangan cengkeraman dan jatuh.

Mitos Kejatuhan Cicak, Ketahui Maknanya dalam Pandangan Islam

Mitos Kejatuhan Cicak, Ketahui Maknanya dalam Pandangan Islam

Mitos kejatuhan cicak sering kali dianggap memiliki makna atau petunjuk tertentu.

Baca Selengkapnya
Mitos Kejatuhan Cicak di Pundak Sebelah Kiri, Bisa Jadi Pertanda Baik dan Buruk

Mitos Kejatuhan Cicak di Pundak Sebelah Kiri, Bisa Jadi Pertanda Baik dan Buruk

Kejatuhan cicak merupakan fenomena atau peristiwa yang sering kali diinterpretasikan dalam konteks mitos atau kepercayaan rakyat di berbagai budaya.

Baca Selengkapnya
Arti Istiqomah dan Tawadhu, Ketahui Ciri-Ciri dan Keutamaannya

Arti Istiqomah dan Tawadhu, Ketahui Ciri-Ciri dan Keutamaannya

Istiqomah dan tawadhu adalah dua konsep penting dalam Islam yang berkaitan dengan akhlak dan perilaku seorang Muslim.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Arti Man Jadda Wajada dalam Islam, Pahami Cara Penerpannya

Arti Man Jadda Wajada dalam Islam, Pahami Cara Penerpannya

Pepatah Man Jadda Wajada memiliki makna bijak dalam kehidupan.

Baca Selengkapnya
Mitos Mata Kanan Kedutan, Bisa Jadi Pertanda Baik dan Buruk

Mitos Mata Kanan Kedutan, Bisa Jadi Pertanda Baik dan Buruk

Sebagai fenomena fisiologis, kedutan mata biasanya disebabkan oleh kelelahan, stres, kurang tidur, atau konsumsi kafein yang berlebihan.

Baca Selengkapnya
Mengapa sih Lalat Selalu Muntah atau BAB Setiap Kali Hinggap?

Mengapa sih Lalat Selalu Muntah atau BAB Setiap Kali Hinggap?

Mengungkap mitos dan fakta seputar lalat, serangga umum yang sering mengganggu rumah tangga.

Baca Selengkapnya
Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala, Pertanda Baik atau Buruk?

Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala, Pertanda Baik atau Buruk?

Mitos kejatuhan cicak di kepala memang cukup terkenal. Beberapa budaya mengaitkan peristiwa yang mengagetkan itu dengan sebuah pertanda akan terjadinya sesuatu.

Baca Selengkapnya
7 Mitos Ibu Hamil Menurut Islam, Lengkap Beserta Penjelasannya

7 Mitos Ibu Hamil Menurut Islam, Lengkap Beserta Penjelasannya

Dalam Islam, mitos yang berkaitan dengan ibu hamil sering kali dipengaruhi oleh kepercayaan dan tradisi lokal yang berkembang di masyarakat.

Baca Selengkapnya
Bacaan Kalimat Tahlil dan Artinya, Perlu Diamalkan Umat Muslim

Bacaan Kalimat Tahlil dan Artinya, Perlu Diamalkan Umat Muslim

Membaca kalimat tahlil mengingatkan setiap Muslim akan prinsip dasar iman mereka.

Baca Selengkapnya