Apa itu Toxic? Berikut Ciri-Cirinya yang Wajib Diketahui

Senin, 3 Oktober 2022 10:21 Reporter : Novi Fuji Astuti
Apa itu Toxic? Berikut Ciri-Cirinya yang Wajib Diketahui Ilustrasi pasangan bertengkar. ©Shutterstock

Merdeka.com - Beberapa tahun belakangan toxic jadi istilah yang cukup sering dibicarakan, baik dalam kehidupan nyata maupun di dunia maya. Meski demikian, tak banyak yang betul-betul memahami apa itu toxic?

Kebanyakan hanya memahami toxic sebatas hubungan asmara yang beracun. Padahal istilah toxic tak hanya untuk hubungan asmara tetapi semua aspek kehidupan yang merugikan.

Tentu saja, jika dipahami betul kamu sering menjumpai hal-hal toxic dalam kehidupan sehari-hari yang datangnya tak hanya dari pasangan, tetapi juga bisa dari pertemanan, pekerjaan hingga keluarga. Bahkan tak banyak disadari diri sendiri pun bisa bersikap toxic.

Untuk menghindari perilaku toxic, maka setiap orang perlu memahami apa itu toxic dan bagaimana ciri-cirinya. Selain agar terhindar dari perilaku toxic, mengetahui apa itu toxic juga membuat diri jadi lebih bisa mengambil sikap saat dihadapkan dengan orang-orang toxic.

Berikut ini informasi lengkap mengenai apa itu toxic, lengkap dengan ciri-ciri yang wajib diketahui telah dirangkum merdeka.com melalui healthline dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 3 halaman

Apa itu Toxic ?

Sifat dasar manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Interaksi dengan sesama manusia merupakan suatu hal yang mutlak diperlukan oleh setiap orang. Namun dalam perjalanannya tak selalu berjalan lancar, tak selalu berjalan baik. Tak jarang hal-hal toxic menyelimuti hubungan manusia dengan manusia lainnya.

Apa itu toxic semestinya dipahami semua pihak agar dapat menghindarinya dan menyikapinya dengan bijak. Apa itu toxic adalah orang-orang yang memiliki sikap beracun. Biasanya mereka memiliki kepribadian yang terkenal akan menyusahkan bahkan memberikan dampak negatif pada orang sekitarnya.

Semua orang dapat berpotensi menjadi pribadi yang toxic, begitu pun dengan diri sendiri. Apa itu toxic juga dapat merujuk pada seseorang yang susah merasakan kebahagiaan, suka memandang orang lain miliki sifat yang buruk, hidupnya penuh dengan rasa curiga, suka mengeluh serta jarang merasakan kepuasaan.

Sifat toxic yang dimiliki seseorang ini juga dapat menular kepada orang lainnya. Hal itu dikarenakan sifat toxic ini akan dapat merusak suasana yang menyenangkan akan menjadi suasana yang tidak menyenangkan.

Baik itu di dalam perbuatannya ataupun ucapan yang dilakukan oleh orang-orang toxic ini. hal itu biasaya juga akan membuat orang-orang sakit hati ataupun lelah secara fisik ataupun emosionalnya.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Toxic

Setelah mengetahui apa itu toxic, kamu jug perlu mengetahui ciri-ciri toxic agar dapat menghindarinya sendini mungkin dan dapat menyikapinya dengan bijak, yaitu sebagai berikut:

1. Senang Memanipulasi Orang Lain
Ciri-ciri toxic yang pertama adalah senang memanipulasi atau mengontrol orang lain. Tujuannya agar orang lain dapat menuruti atau melakukan hal yang dia inginkan. Biasanya orang-orang toxic akan mudah membohongi orang lain, dengan cara mengucapkan sejuta alasan agar orang lain dapat percaya serta membuat orang lain akan berhutang budi kepadanya.

Jika orang toxic ini berhasil memanipulasi temannya, dan membuat orang lain menuruti segala keinginannya, ia tidak segan untuk melakukan perbuatannya lagi, agar orang lain menuruti keinginannya yang lainnya.

2. Mudah Merendahkan Orang Lain
Ciri-ciri toxic berikutnya adalah mereka yang mudah merendahkan orang lain. Ia tidak akan peduli dengan kesuksesan atau keberhasilan temannya. Ia akan terus meremehkan orang lain, hingga membuatmu kesal dan merasa tidak percaya diri.

Secara tidak langsung, sifatnya yang suka merendahkan orang lain ini, menunjukkan bahwa orang toxic memiliki sifat yang suka iri terhadap orang lain. Ia juga suka membanding-bandingkan orang lain dengan dirinya sendiri.

3. Miliki Sifat Egois
Apa itu toxic merujuk kepada seseorang yang dapat merujuk kepada orang-orang yang dapat memberikan pengaruh buruk kepada lingkungannya. Biasanya, ciri orang toxic adalah miliki sifat egois, atau dapat dikatakan senang melakukan hal apa saja yang membuat dirinya menjadi senang, tanpa perlu memikirkan perasaan orang lain.

Sifat toxic adalah suatu kepribadian yang membuat seseorang ingin menang sendiri. Orang toxic adalah orang yang egois, karena ia sering memaksakan orang lain untuk menuruti semua keinginannya.  Orang yang memiliki sifat toxic ini, jarang ada ketika orang lain membutuhkan. Bahkan saat ia membantu orang lain, ia akan melakukan dengan terpaksa dan akan meminta imbalan pada orang yang sudah ia bantu.

4. Tak Miliki Empati dan Simpati
Selain memiliki sifat egois, ciri-ciri toxic juga mereka tak memiliki empati dan simpati. Padahal, di dalam kehidupan sosial pastinya pertemanan atau lingkungan yang sehat haruslah memiliki perasaan empati dan simpati terhadap sesama. Orang-orang yang miliki sifat toxic biasanya akan menyalahkan suatu keadaan, menghakimi teman yang terkena musibah, ataupun bahkan orang toxic akan meremehkan masalah orang lain.

Orang-orang toxic biasanya seringkali membuat orang lain terpuruk. Bahkan kebanyakan orang toxic ini seringkali sulit mendengarkan cerita temannya yang sedang alami kesusahan.

5. Tak Mau Meminta Maaf
Apa itu toxic dalam kehidupan nyata juga akan berhubungan dengan seseorang yang sulit ataupun tidak mau meminta maaf. Karena, pada dasarnya orang-orang toxic akan miliki sifat yang tak mau kalah, tak mau terlihat lemah serta tak mau disalahkan.

Walaupun biasanya orang-orang tersebut bersalah, orang yang toxic kan menganggap kesalahan tersebut disebabkan karena kesalahan orang lain. Ia akan terus menyalahkan orang yang ada disekitar dia, serta mengungkit dan memojokkan orang lain, hingga orang lain yang meminta maaf.

Sifatnya yang tidak mau meminta maaf dan suka menyalahkan orang lain, bisa disebut sebagai tindakan playing victim, yang berarti mencari perhatian dengan menuduh korban sebagai pelaku utama.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini