Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

9 Macam Jenis Usaha yang Bisa Dilakukan dengan Modal Kecil, Segera Buka Bisnis Anda

9 Macam Jenis Usaha yang Bisa Dilakukan dengan Modal Kecil, Segera Buka Bisnis Anda pedagang di tengah konflik. ©Reuters

Merdeka.com - Bagi sebagian orang, memiliki macam jenis usaha sendiri mungkin menjadi sebuah keinginan. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki jiwa wirausaha, keinginan untuk mengatur sendiri sebuah bisnis pasti akan selalu tertanam.

Wirausaha memang menjadi salah satu peluang untuk mencari nafkah yang banyak diminati. Banyaknya orang-orang yang sukses dengan mengerjakan bisnis sendiri menjadi sebuah motivasi dan inspirasi bagi orang lain untuk mulai merencanakan macam jenis usaha apa yang akan dibuka.

Macam jenis usaha memang sering menjadi permasalahan utama bagi seseorang yang ingin menjajaki dunia wirausaha. Berbagai faktor menjadi pertimbangan mereka, mulai dari modal, barang yang ingin dijual, bahan baku, hingga target pasar.

Tak jarang, dengan berbagai pertimbangan tersebut seseorang justru berpikir dua kali atau bahkan tidak jadi mewujudkan keinginan mereka untuk berwirausaha. Padahal di zaman sekarang, dengan fasilitas internet dan sosial media yang menjamur di mana-mana, membuat seseorang menjadi lebih mudah untuk berbisnis sendiri. Berikut ini, kami rangkum dari beberapa sumber, macam jenis usaha yang bisa dilakukan dengan sedikit modal:

Toko Online

cara belanja gadget aman di toko online

©2015 Merdeka.com

Macam jenis usaha yang pertama adalah dengan membuka toko online. Dengan fasilitas internet yang saat ini mudah dijangkau oleh siapa saja, membuka bisnis secara online tentu menjadi salah satu peluang bisnis yang menarik. Bisnis ini pun juga cukup mudah dilakukan.

Untuk menjalankan bisnis ini, cukup dengan smartphone dan melakukan promosi di kanal-kanal sosial media. Apalagi dengan adanya sistem dropship, Anda bisa membuka bisnis online dengan mempromosikan barang tanpa perlu memiliki barang yang akan dijual. Meskipun terlihat mudah dan sederhana, bisnis ini cukup menguntungkan.

Laundry

jasa laundry laris manis saat lebaran

©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Macam jenis usaha yang kedua adalah laundry. Bisnis ini tentunya sudah tidak asing lagi. Bisnis laundry sangat banyak ditemukan di perumahan yang padat atau di dekat kampus.

Usaha ini cukup menguntungkan karena sebagian orang mungkin tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian, terutama bagi pelajar-pelajar kos.

Salah satu kunci sukses dalam bisnis laundry adalah letak lokasi usaha yang strategis dan dekat dengan pemukiman penduduk yang padat atau dekat dengan sekolah dan kampus. Kemudian yang berikutnya, tentu peralatan laundry yang berkualitas. Selanjutnya, Anda bisa mempromosikan usaha ini melalui selebaran di lingkungan sekitar.

Cuci Sepatu

011 tantri setyorini

© Roadandtrack.com

Macam jenis usaha yang ketiga adalah jasa mencuci sepatu. Bisnis ini adalah salah satu jenis usaha yang hanya memerlukan sedikit modal. Jenis usaha ini mirip dengan laundry, akan tetapi lebih hanya berfokus pada pencucian sepatu. Peralatan yang dibutuhkan pun cukup sederhana, yaitu sikat sepatu, cairan pembersih dan peralatan lainnya.

Sama seperti laundry, Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi dan kondisi lingkungan ketika ingin membuka usaha ini. Lokasi yang berada di pusat kampus atau perkantoran, sangat cocok untuk jenis usaha ini.

Cuci Motor dan Mobil

mobil

© Sanjose.com

Macam jenis usaha yang keempat adalah jasa pencucian motor dan mobil. Usaha cuci mobil dan motor juga menjadi peluang usaha yang baik, karena pemilik kendaraan terus bertambah setiap tahunnya.

Walau terlihat sepele, namun banyak orang yang mendatangi usaha cuci motor dan mobil ini karena pemilik kendaraan tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraan mereka atau hanya sekedar malas mencuci.

Untuk memulai usaha cuci motor dan mobil ini, Anda bisa memulainya dari skala rumahan. Lokasi yang strategis juga menjadi faktor utama untuk mendirikan usaha ini. Jika lokasi usaha berada di tempat yang strategis maka, Anda dapat membuka usaha di halaman atau garasi rumah untuk mulai merintisnya.

Jasa Pengetikan

ilustrasi mengetik

©©shutterstock.com/YURALAITS ALBERT

Macam jenis usaha yang kelima yaitu jasa pengetikan. Bisnis ini mungkin dapat Anda temui di sekitar kampus. Karena banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk tugas kuliah atau juga skripsi. Usaha ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, bisa menjadi ladang untuk mencari nafkah.

Tarif yang digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Selain itu, saha ini tentunya juga tidak memerlukan biaya yang besar. Hanya butuh beberapa peralatan yang harus disiapkan seperti komputer atau laptop, printer, kertas HVS, dan scanner.

Menjual Produk Berdasarkan Hobi

Macam jenis usaha dengan menjual produk yang berdasarkan hobi tentu akan sangat menyenangkan. Selain bisa memiliki berbagai produk yang disenangi, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari hobi tersebut.

Anda juga bisa memanfaatkan internet dan sosial media untuk mempromosikan barang dagangan. Apalagi jika menemukan grup khusus yang sesuai dengan hobi, maka promosi pun tidak akan melenceng dari target pasar.

Kerajianan Tangan

kerajinan tangan berbahan limbah koran

©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Macam jenis usaha yang selanjutnya yaitu dengan menjual produk kerajinan tangan. Jika Anda adalah orang yang kreatif dan suka membuat suatu kerajinan, cobalah untuk menjual karya yang Anda buat. Jenis usaha kerajinan ini juga cukup diminati. Berbagai macam produk kerajinan tangan bisa berupa tas, sepatu, mainan, atau hiasan rumah.

Anda juga dapat memanfaatkan barang-barang bekas untuk membuat kerajinan tangan, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Apalagi sudah banyak pengusaha yang berhasil dengan memanfaatkan barang-barang bekas menjadi sesuatu yang berkelas.

Warung Kopi

di pinggir sungai nil

©AFP PHOTO/KHALED DESOUKI

Macam jenis usaha kuliner juga bisa menjadi inspirasi. Salah satu contoh yang sederhana adalah bisnis warung kopi. Mungkin Anda sering mendapati banyak orang saat ini menjadikan warung kopi sebagai tempat nongkrong atau berkumpul bersama teman ketika malam hari. Anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan, apalagi jenis usaha ini tidak memerlukan modal yang banyak.

Jual Pulsa

pulsa tunanetra

©2015 merdeka.com/kresna

Macam jenis usaha yang banyak dilakukan oleh banyak orang adalah menjual pulsa. Meskipun sudah banyak penjual pulsa yang berjejer di pinggir jalan, namun pengguna handphone pun juga semakin bertambah.

Maka dari itu jenis usaha ini bisa menjadi peluang bisnis yang layak dicoba. Untuk memulainya, Anda bisa mempromosikan kepada kerabat dan teman-teman terlebih dahulu.

(mdk/ank)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lima Ide Bisnis Menguntungkan dengan Modal Rp 1 Jutaan
Lima Ide Bisnis Menguntungkan dengan Modal Rp 1 Jutaan

Modal bukan faktor utama tidak menjalankan bisnis, pilihan ini bisa menjadi solusi.

Baca Selengkapnya
Tips Mengelola Keuangan Bisnis yang Efisien dan Fleksibel
Tips Mengelola Keuangan Bisnis yang Efisien dan Fleksibel

Manajemen keuangan bisnis biasanya melibatkan perencanaan, pengendalian, dan pengelolaan dana perusahaan untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis

Baca Selengkapnya
Modal Awal Cuma Rp10 Ribu, Ibu ini Sukses Jualan Rempeyek Hingga Bisa Beli Dua Rumah Mewah
Modal Awal Cuma Rp10 Ribu, Ibu ini Sukses Jualan Rempeyek Hingga Bisa Beli Dua Rumah Mewah

Siapa sangka, dengan modal yang begitu minim pengusaha bisnis daun goreng ini bisa membeli 2 hunian mewah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jalankan Bisnis Jadi Lebih Mudah dan Praktis, Ada QLola by BRI Sebagai Solusi yang Bisa Diandalkan
Jalankan Bisnis Jadi Lebih Mudah dan Praktis, Ada QLola by BRI Sebagai Solusi yang Bisa Diandalkan

QLola by BRI, solusi cerdas untuk kelola segala jenis transaksi bisnis kamu

Baca Selengkapnya
Fenomena Baru, Banyak Pengusaha Indonesia Pilih Terjun ke Bisnis Kuliner Ketimbang Garap Sumber Daya Alam
Fenomena Baru, Banyak Pengusaha Indonesia Pilih Terjun ke Bisnis Kuliner Ketimbang Garap Sumber Daya Alam

Padahal, banyak jenis usaha atau bisnis yang bisa dikembangkan karena memiliki sumber daya yang luar biasa.

Baca Selengkapnya
Modal Limbah Kain Perca, Mahasiswi Ini Jalankan Bisnis Buket Bunga Raup Cuan Jutaan Rupiah per Bulan
Modal Limbah Kain Perca, Mahasiswi Ini Jalankan Bisnis Buket Bunga Raup Cuan Jutaan Rupiah per Bulan

Sekar Ayu Irawati, seorang pengusaha muda, telah menciptakan sebuah konsep dengan kreativitas daur ulang.

Baca Selengkapnya
Pria Ini Tak Takut Gagal Merintis Usaha Selama Masih Ada Ibu, Akhirnya Sukses Jual Makanan dengan Omzet Rp20 Juta Sebulan
Pria Ini Tak Takut Gagal Merintis Usaha Selama Masih Ada Ibu, Akhirnya Sukses Jual Makanan dengan Omzet Rp20 Juta Sebulan

Dengan modal terbatas, Dicky merintis usaha martabak di pelataran rumahnya. Dia sempat ragu dan takut memulai usaha.

Baca Selengkapnya
Investasi yang Paling Cocok Untuk Pelaku Usaha Ultra Mikro
Investasi yang Paling Cocok Untuk Pelaku Usaha Ultra Mikro

Risiko investasi emas terbilang minim. Memilih emas sebagai investasi menjadi solusi terbaik untuk pemula.

Baca Selengkapnya
Jalankan Bisnis Bareng Sejak Kuliah, Pasutri Asal Malang Mengaku Rezekinya Mengalir Deras setelah Punya Anak
Jalankan Bisnis Bareng Sejak Kuliah, Pasutri Asal Malang Mengaku Rezekinya Mengalir Deras setelah Punya Anak

Saat pertama kali berkenalan, keduanya sama-sama memiliki latar belakang ekonomi yang sulit.

Baca Selengkapnya