8 Manfaat Kerang bagi Kesehatan, Tingkatkan Kesuburan Pria hingga Atasi Hipertensi

Senin, 13 Juli 2020 09:03 Reporter : Andre Kurniawan
8 Manfaat Kerang bagi Kesehatan, Tingkatkan Kesuburan Pria hingga Atasi Hipertensi ilustrasi kerang. ©americanpregnancy.org

Merdeka.com - Indonesia diberkahi dengan banyak alam yang sangat bermanfaat. Salah satu kekayaan alam Indonesia ada pada hewan lautnya. Berbagai ikan dan beragam hewan laut lainnya bisa dengan mudah kita nikmati, dan pastinya menyediakan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Hewan laut yang biasa menjadi seafood antara lain adalah kerang. Kerang adalah hewan air bertubuh lunak, atau moluska. Hewan air ini biasa diolah menjadi berbagai menu makanan lezat. Kandungan nutrisinya pun tak kalah dari rasanya.

Kandungan nutrisi dalam kerang ini berguna untuk kesehatan tubuh seseorang. Berikut ini, dilansir dari Conserve Energy Future, beberapa manfaat kerang bagi kesehatan tubuh manusia.

2 dari 9 halaman

Baik untuk Kesuburan Pria

vs kesuburan pria

© boldsky.com

Manfaat kerang yang pertama adalah kerang baik untuk kesuburan pria. Nutrisi seperti seng dan selenium sangat penting bagi pria dalam produksi sperma dan cairan mani.

Nutrisi inilah yang banyak ditemukan dalam kerang. Kerang dipercaya mampu membantu sintesis testosteron, dan juga membantu motilitas sperma juga. Kerang juga dapat meningkatkan jumlah sperma, dan menurunkan risiko kemungkinan sperma cacat.

3 dari 9 halaman

Sintesis Kolagen

ilustrasi kulit cantik©Shutterstock

Manfaat kerang yang kedua adalah baik untuk sintesis kolagen. Kolagen adalah protein yang ditemukan dalam tubuh manusia.

Kolagen memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kulit Anda, selaput lendir, sendi, dan sel-sel lainnya. Namun sayangnya, banyak orang yang masih belum mendapat asupan kolagen yang cukup.

Salah satu cara untuk meningkatkan produksi kolagen adalah dengan mendapatkan cukup vitamin C. jika Anda berpikir vitamin C hanya ada pada buah, Anda keliru. Kerang juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan nutrisi penting tersebut.

Vitamin C juga penting dalam membantu mendapatkan zat besi yang cukup. Dan kita semua juga tahu bahwa vitamin C sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

4 dari 9 halaman

Kaya akan Vitamin B12

ilustrasi kerang©Shutterstock/Christopher Kolaczan

Manfaat kerang yang ketiga adalah kandungan vitamin B12 yang banyak. Kerang adalah sumber Vitamin B12 yang luar biasa.

Anda akan mendapatkan 824% dari asupan harian yang direkomendasikan per 100 gram kerang. Banyak orang berpikir bahwa daging sapi adalah cara terbaik untuk mendapatkan B12 Anda, tetapi faktanya adalah kerang bisa memberikan nutrisi tersebut jauh lebih baik.

Vitamin B12 sangat bagus untuk kita karena membantu menghasilkan sel darah merah, mensintesis protein, dan membuat serta memelihara DNA kita. Vitamin ini juga dapat memperlambat penuaan, dan beberapa orang bahkan menggunakan Vitamin B12 untuk penyakit Lou Gehrig, Multiple Sclerosis, dan untuk mencegah degenerasi makula.

5 dari 9 halaman

Kerang Menyediakan Zat Besi

Manfaat kerang yang keempat adalah kandungan zat besi pada kerang. Nutrisi dalam kerang yang paling berlimpah selain Vitamin B12 adalah zat besi. Per 6 ons kerang, Anda akan mendapatkan 23,8 mg zat besi.

Ini memberi Anda 132% dari asupan harian yang direkomendasikan. Kita membutuhkan zat besi untuk proses metabolisme dalam tubuh kita, dan nutrisi tersebut juga membantu mengangkut oksigen. Manfaat lain dari zat besi adalah dapat mencegah kita terkena anemia.

6 dari 9 halaman

Mengatur Tekanan Darah

ilustrasi hipertensi©CC0 Public Domain


Manfaat kerang yang kelima adalah dapat mengatur tekanan darah. Tekanan darah tinggi juga sering disebut sebagai "the silent killer” oleh beberapa ahli. Penyakit ini mendatangkan malapetaka pada tubuh, di mana Anda bahkan tidak mengetahui penyakit ini di dalam tubuh.

Dengan perubahan pola makan sederhana dapat membantu Anda menurunkan tingkat tekanan darah. Mengonsumsi kalium merupakan salah satu cara untuk membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Makanan tinggi kalium seperti kerang panggang, kentang manis, dan lentil dapat membantu Anda untuk mencegah terjadinya hipertensi.

7 dari 9 halaman

Penuh dengan Protein

manfaat protein©2020 Merdeka.com

Manfaat kerang yang ke enam yaitu kandungan protein dalam kerang. Protein sangat penting kehidupan manusia. Setiap sel dalam tubuh manusia kita memiliki protein. Protein diperlukan untuk memperbaiki sel-sel tubuh dan menghasilkan sel yang baru ketika dibutuhkan.

Khususnya anak-anak dan remaja, membutuhkan banyak protein untuk tumbuh dan berkembang. Wanita hamil juga membutuhkannya untuk memastikan kesehatan dan perkembangan bayi mereka yang sedang tumbuh.

Kerang adalah sumber protein yang bagus. Anda akan mendapatkan 12,8 g protein per 100 g kerang. Dan jika Anda adalah orang yang memperhatikan kalori, dalam 100 gram kerang hanya memiliki 74 kalori.

8 dari 9 halaman

Kesehatan Tiroid

ilustrasi penyakit tiroid©health.clevelandclinic.org


Manfaat kerang yang ketujuh yaitu baik bagi kesehatan tiroid. Makanan laut adalah sumber utama yodium. Dan kerang menjebak mineral ini dalam tubuh mereka.

Yodium sangat penting untuk produksi hormon tiroid. Tubuh kita pun bahkan tidak dapat membuat nutrisi ini. Jadi Anda harus mendapatkan asupan yang cukup dalam makanan Anda untuk mendapatkan hormon ini.

Tidak mendapatkan yodium dalam jumlah yang cukup akan menyebabkan defisiensi, sehingga dapat menyebabkan hipotiroidisme dan kemungkinan kecacatan intelektual pada anak-anak dan bayi yang ibunya tidak mengonsumsi cukup yodium selama kehamilan mereka.

Kerang juga mengandung tembaga dalam dosis tinggi, yang bekerja dengan yodium untuk memastikan tubuh memproduksi hormon tiroid yang cukup.

9 dari 9 halaman

Sumber Kolin yang Sangat Baik

Manfaat kerang yang terakhir adalah kerang merupakan sumber kolin yang baik. Kolin sangat penting untuk kesehatan hati dan membantu melindungi Anda dari penyakit hati berlemak.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa dengan asupan kolin yang cukup dapat membantu mencegah penyakit seperti Alzheimer dan demensia.

Kita juga membutuhkan kolin untuk menghasilkan asetilkolin, yang bermanfaat bagi ingatan dan fungsi otak secara keseluruhan. Para ahli merekomendasikan bahwa orang dewasa perlu mengonsumsi setidaknya 425-550 mg kolin setiap hari.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini