7 Tradisi Maulid Nabi di Indonesia, Unik dan Penuh Filosofi

Kamis, 29 Oktober 2020 12:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Tradisi Maulid Nabi di Indonesia, Unik dan Penuh Filosofi Grebeg Maulud Nabi di Yogyakarta. ©2017 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Tradisi Maulid Nabi merupakan sebuah perayaan yang dilakukan dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk rasa cinta umat kepada sang Nabi. Secara etimologi, istilah "maulid" berasal dari bahasa Arab w-I-d yang berarti "kelahiran".

Tradisi ini banyak dilakukan oleh umat Islam di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW ini digelar setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Di Indonesia sendiri, umat Islam merayakan Maulid Nabi dengan berbagai cara. Ragam perayaan itu pada umumnya didasarkan pada kebiasaan dan adat istiadat daerah setempat.

Meskipun berbeda dalam bentuk perayaannya, pada hakikatnya tradisi maulid tidak hanya sekadar sebagai pengingat sejarah bagi kaum muslim. Tradisi ini juga sebagai pengingat umat muslim akan sosok Rasulullah yang menjadi inspirasi paling sempurna bagi seorang muslim dalam menjalani apa pun dalam realitas kehidupannya.

Berikut ini informasi lengkapnya mengenai 7 tradisi Maulid Nabi di Indonesia yang unik dan penuh filosofi telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com.

Baca Selanjutnya: 1 Kirab Ampyang...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Maulid Nabi
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini