6 Manfaat Treadmill sebagai Alternatif Olahraga, Jaga Kebugaran Meski dalam Ruangan

Kamis, 8 Oktober 2020 17:00 Reporter : Andre Kurniawan
6 Manfaat Treadmill sebagai Alternatif Olahraga, Jaga Kebugaran Meski dalam Ruangan Ilustrasi latihan treadmill. © marieclaire.com

Merdeka.com - Anda pasti sudah tahu bahwa berolahraga secara teratur adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetap bergerak aktif sangat penting untuk berbagai alasan dan bukan hanya karena untuk menjaga berat badan pada tingkat yang ideal.

Salah satu olahraga yang banyak diminati adalah lari, jogging, atau sekadar berjalan. Bukan tanpa alasan, untuk melakukan olahraga tersebut, Anda hanya memerlukan sepasang sepatu untuk melindungi kaki. Namun bagaimana jika cuaca di luar sedang tidak mendukung? Atau Anda khawatir dengan kondisi seperti pandemi saat ini?

Jangan khawatir, karena masih ada alternatif lain berupa treadmill yang membuat Anda bisa berolahraga di dalam ruangan. Alat olahraga ini memungkinkan Anda untuk berlari, jogging atau berjalan, namun dengan suasana di dalam rumah.

Manfaat treadmill pun juga tak kalah baik dibanding dengan olahraga di luar ruangan. Apalagi dengan berolahraga di dalam ruangan, kita bisa terhindar dari paparan polusi atau sinar matahari.

Berikut, dilansir dari fitandme.com, beberapa manfaat treadmill untuk kesehatan tubuh Anda.

2 dari 4 halaman

Kesehatan Jantung

Manfaat treadmill yang pertama adalah untuk menyehatkan jantung. Jantung mungkin menjadi organ yang banyak diuntungkan dari aktivitas berlari.

Jantung yang kuat berarti tekanan darah Anda menurun. Hal ini tentu sangat penting bagi penderita tekanan darah tinggi. Manfaat ini bisa sangat membantu untuk mencegah penyakit jantung dan risiko serangan jantung.

Manfaat jantung lain yang Anda peroleh dari berlari di treadmill adalah dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Manfaat ini juga dapat membantu memerangi penyakit jantung dan pembuluh darah dengan menjaga arteri Anda tetap bersih dari penyumbatan lemak. Apalagi saat ini, kebanyakan treadmill dilengkapi dengan monitor detak jantung sehingga Anda dapat mengawasi detak jantung Anda.

berlomba kuruskan badan
©AFP PHOTO/Manan Vatsyayana

Menurunkan Berat Badan

Manfaat treadmill yang kedua adalah dapat menurunkan berat badan. Berlari di treadmill dapat dengan mudah membakar 100 kalori untuk setiap mil yang Anda jalankan. Jadi, jika Anda berlari sejauh 6 mil dalam satu jam, Anda sudah membakar sekitar 600 kalori.

Kalori dapat lebih banyak dibakar jika Anda berlari dengan kecepatan penuh dan menambahkan tingkat intensitas pada latihan Anda. Berlari sendiri sebenarnya lebih baik untuk menurunkan berat badan daripada latihan aerobik lainnya seperti bersepeda.

3 dari 4 halaman

Pembentukan Otot

Manfaat treadmill yang ketiga yaitu untuk pembentukan otot. Anda mungkin berpikir bahwa lari hanya berguna untuk kardio dan stamina. Namun ketika berlari, Anda juga menggunakan otot sehingga aktivitas ini dapat membangun otot.

Semakin banyak berlari, semakin banyak otot kaki yang digunakan. Oleh karena itu, semakin banyak Anda berlari, semakin kuat otot-otot kaki Anda. Namun, hal ini juga bergantung pada cara Anda berlari.

Misalnya dengan menekuk otot perut, sehingga Anda juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot inti. Berlari bahkan dapat membangun otot lengan Anda hanya dengan mengayunkannya saat berlari.

ilustrasi perut ramping©©2012 Shutterstock/Tyler Olson

 

Meningkatkan Fleksibilitas Sendi

Manfaat treadmill yang keempat yaitu untuk meningkatkan fleksibilitas sendi. Fleksibilitas sendi sangat penting ketika kita menggerakkan tubuh, terutama di usia tua.

Fleksibilitas sendi yang meningkat dapat memerangi penyakit tulang degeneratif, artritis, dan kondisi lain yang membatasi fleksibilitas. Berlari di treadmill secara teratur akan mengurangi risiko terkena kondisi yang membatasi fleksibilitas dan mobilitas.

4 dari 4 halaman

Membangun Kepadatan Tulang

Manfaat treadmill yang kelima yaitu untuk membangun kepadatan tulang. Yang dimaksud dengan kepadatan tulang adalah jumlah mineral dalam tulang Anda yang berkontribusi pada kekuatan dan daya tahannya.

Semakin banyak Anda berlari, semakin banyak mineral yang ada di dalam tulang Anda, sehingga membuatnya lebih kuat. Memiliki kepadatan tulang yang tinggi dapat memerangi penyakit seperti osteoporosis.

Latihan bantalan beban seperti lari sangat bagus untuk memperkuat tulang, ditambah treadmill, adalah cara yang bagus untuk berlari tanpa melukai sendi.

manusia© scienceunraveled.com

Mengurangi Dampak Berlari

Manfaat treadmill yang terakhir yaitu dapat mengurangi dampak dari berolahraga. Salah satu manfaat besar saat berlari di treadmill adalah mengurangi dampaknya dibanding ketika berlari di jalan atau di luar ruangan lainnya. Setiap kali Anda mengambil langkah saat berlari di trotoar, tanah, atau permukaan datar dan keras lainnya, kaki Anda memberikan banyak benturan, terutama saat Anda melaju kencang.

Ini berisiko menyebabkan masalah pada pergelangan kaki, lutut, dan punggung karena trotoar yang keras, ditambah batu-batu yang banyak bertebaran di jalur lari Anda.

Treadmill sangat bagus karena permukaannya relatif lembut untuk berlari, belum lagi ada versi lainnya yang dilengkapi peredam kejut. Ini akan membuat persendian Anda tidak terlalu terpengaruh ketika berlari.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini