4 Fakta Tentang Setiawan Wangsaatmaja, Sekda Jabar yang Baru

Sabtu, 15 Februari 2020 10:15 Reporter : Nurul Diva Kautsar
4 Fakta Tentang Setiawan Wangsaatmaja, Sekda Jabar yang Baru Setiawan Wangsaatmaja, Sekda Jabar. Humas Kota Bandung ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo telah menunjuk Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekda Jawa Barat untuk menggantikan Iwa Karniwa yang saat ini tengah menjalani persidangan atas kasus dugaan suap proyek Meikarta beberapa waktu lalu. Penunjukan ini bukan tanpa alasan. Segudang prestasi telah ditorehkan oleh Setiawan Wangsaatmaja selama perjalanan kariernya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun menjelaskan bahwa penunjukan Sekda tersebut merupakan hasil dari ketetapan Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden Nomor 31/TPA Tahun 2020 Tanggal 30 Januari 2020, tentang pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

1 dari 4 halaman

Pernah Menjabat sebagai Ketua Grand Desain Pembangunan ASN dan Penyusunan Indeks Profesionalitas ASN

Kiprahnya dalam proses penyusunan grand design dianggap berpengaruh, karena telah mengacu pada kebutuhan strategis pembangunan yang mengacu pada UU Nomor 17 Tahun 2007 tentang RPJP Nasional 2005- 2025 sehingga bisa mempermudah kebutuhan masyarakat di era revolusi industri 4.0 melalui pelayanan publik yang mudah, murah, cepat, tepat waktu, dan efisien.

2 dari 4 halaman

Meraih Berbagai Prestasi

Humas Kota Bandung 2020 Merdeka.com

Seperti yang dilansir situs Antaranews.com, Setiawan Wangsaatmaja telah banyak menorehkan berbagai prestasi seperti Penghargaan Wibawa Seroja Nugraha dari LEMHANAS RI, Satyalancana Karyasatya 10 Tahun dari Presiden RI, dan peringkat satu pelaksana pemantauan kualitas sungai di Indonesia dari Kementerian Lingkungan Hidup RI.

3 dari 4 halaman

Pernah Menjabat sebagai Kepala BPLHD Provinsi Jawa Barat

Ketika menduduki jabatan sebagai ketua Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD ), Setiawan Wangsaatmaja seringkali menjadi delegasi dalam berbagai seminar maupun symposium baik di dalam ataupun luar negeri. Seperti pada tahun 2001 ketika Ia menjadi pembicara dalam The Seminar On Citarum Research Project dan The First International Symposium On Shoutest Asian Water Environtment.

4 dari 4 halaman

Terpilih Melalui Proses Open Bidding

Humas Kota Bandung 2020 Merdeka.com

Dilansir dari halaman Liputan6.com, Setiawan terpilih setelah melalui proses open bidding. Dua kandidat sekda hasil open bidding yang juga diajukan kepada presiden adalah Dedi Taufik (Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat) dan Yerri Yanuar (Kepala BKD Provinsi Jawa Barat). Open Bidding sendiri merupakan pemilihan pejabat struktural dengan menggunakan sistem lelang.

[nrd]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini