16 Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami, Mudah Dilakukan

Senin, 15 Juni 2020 19:45 Reporter : Andre Kurniawan
16 Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami, Mudah Dilakukan Ilustrasi Batuk. ©medicalnewstoday.com

Merdeka.com - Mengalami batuk berdahak pasti akan sangat menyusahkan. Karena kita selalu merasa hidung dan tenggorokan kita penuh dengan dahak. Dahak tersebut akan membuat kita kehilangan fokus saat beraktivitas.

Dahak adalah jenis lendir yang diproduksi di paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Dahak ini sering terlihat ketika seseorang mengalami sakit akut atau memiliki kondisi kesehatan yang sudah berlangsung lama.

Lendir membentuk lapisan pelindung di bagian tubuh tertentu, bahkan ketika seseorang sehat. Lendir menjaga area ini agar tidak mengering dan membantu bertahan melawan serangan dari luar, termasuk virus dan bakteri.

Meskipun tubuh yang sehat membutuhkan lendir, terlalu banyak lender juga bisa membuat kita merasa tidak nyaman. Kelebihan lender ini bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti flu, alergi, iritasi pada hidung, merokok, dan penyakit paru-paru. Dilansir dari Medical News Today, berikut cara mengobati batuk berdahak secara alami yang mudah dilakukan.

2 dari 6 halaman

1. Menjaga Udara Tetap Lembab

ilustrasi batuk
©medicalnewstoday.com

Udara kering dapat mengiritasi hidung dan tenggorokan, menyebabkan lebih banyak lender yang terbentuk sebagai pelumas. Menempatkan pelembap ruangan di kamar tidur dapat meningkatkan kualitas tidur, menjaga hidung tetap bersih dan mencegah sakit tenggorokan.

2. Minum Banyak Cairan

Tubuh perlu tetap terhidrasi agar lendir tetap pada kadar yang normal. Ketika seseorang sakit pilek, minum cairan tambahan dapat mengencerkan lendir dan membantu sinus untuk mengeringkannya. Orang dengan alergi musiman mungkin juga menyadari bahwa tetap terhidrasi membantu menghindari hidung tersumbat.

3. Mengoleskan Waslap Hangat dan Basah ke Wajah

Ini bisa menjadi obat yang menenangkan untuk sakit kepala karena sinus. Menghirup melalui kain lembab adalah cara cepat untuk mengembalikan kelembapan ke hidung dan tenggorokan. Panas akan membantu meringankan rasa sakit dan tekanan.

4. Menjaga Kepala Tetap Tinggi

Ketika penumpukan lendir sudah terasa mengganggu, cobalah untuk tidur dengan kepala disangga oleh beberapa bantal atau tidur di kursi malas. Berbaring dengan posisi tubuh yang rata dapat meningkatkan ketidaknyamanan, karena lendir seperti terasa mengumpul di bagian belakang tenggorokan.

3 dari 6 halaman

5. Tidak Menahan Batuk

001 febrianti diah kusumaningrumIlustrasi berkumur

Anda mungkin tergoda untuk menahan batuk yang membandel dan dipenuhi dahak. Namun, batuk adalah cara tubuh menjaga sekresi keluar dari paru-paru dan tenggorokan. Anda bisa menggunakan sirup obat batuk secukupnya untuk meredakannya.

6. Singkirkan Dahak

Ketika dahak naik dari paru-paru ke tenggorokan, tubuh akan mencoba mengeluarkannya. Mengeluarkan dahak dengan cara meludahkannya adalah cara yang lebih sehat daripada menelannya kembali.

7. Berkumur dengan Air Garam

Cara ini dapat menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan dapat membantu membersihkan sisa lendir. Satu sendok teh garam dalam segelas air hangat dapat dikumur beberapa kali sehari.

4 dari 6 halaman

8. Menggunakan Kayu Putih

ilustrasi berhenti merokokShutterstock/Minerva Studio

Produk kayu putih sudah dikenal dapat mengatasi batuk dan mengurangi lendir. Kayu putih ini biasanya dioleskan langsung ke dada. Beberapa tetes minyak kayu putih juga dapat ditambahkan ke diffuser atau air mandi hangat untuk membantu membersihkan hidung.

9. Tidak Merokok dan Menghindari Asap Rokok

Baik perokok maupun perokok pasif juga menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dahak dan lendir.

10. Menghindari Iritasi

Bahan kimia, wewangian, dan polusi dapat mengiritasi hidung, tenggorokan, dan saluran udara yang lebih rendah. Sehingga dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak lendir.

5 dari 6 halaman

11. Mencatat Reaksi Makanan

ilustrasi mandi©Shutterstock

Beberapa makanan dapat menyebabkan reaksi yang menyerupai alergi musiman. Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan hidung berair dan tenggorokan terasa gatal, dan menyebabkan lendir berlebih. Catat makanan apa saja yang memicu peningkatan dahak atau lendir.

12. Menghindari Alkohol dan Kafein

Kedua zat tersebut menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi berlebihan. Ketika Anda sedang mengalami masalah lendir dan dahak, minumlah banyak minuman hangat, tanpa kafein.

13. Mandi Air Panas

Waktu yang dihabiskan di kamar mandi berisi uap akan membantu melonggarkan dan membersihkan lendir di hidung dan tenggorokan. Dengan membiarkan air panas mengalir ke wajah juga bisa meredakan tekanan sinus.

6 dari 6 halaman

14. Meniup Hidung dengan Lembut

buah di pagi hari© boldsky.com

Mungkin tergoda untuk terus meniup hidung sampai lendir kental keluar. Namun, melakukannya terlalu kuat dapat melukai sinus, menyebabkan rasa sakit, tekanan, dan kemungkinan infeksi.

15. Makan Banyak Buah

Satu studi menemukan bahwa diet yang kaya serat dari buah dapat mengurangi risiko masalah pernapasan terkait dengan dahak.

16. Menghindari Makanan yang Penyebab Refluks Asam

Refluks asam dapat menyebabkan peningkatan dahak dan lendir. Orang yang rentan mengalami mulas harus menghindari makanan yang memicu refluks asam.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini