12 Menu Makanan Sehat dan Sederhana untuk Tubuh yang Bugar

Jumat, 3 April 2020 06:30 Reporter : Novi Fuji Astuti
12 Menu Makanan Sehat dan Sederhana untuk Tubuh yang Bugar salad sayur. shutterstock

Merdeka.com - Makanan merupakan kebutuhan utama manusia untuk bertahan hidup. Ada beragam jenis makanan yang bisa dikonsumsi, tapi tidak semua makanan memiliki nilai gizi yang baik sehingga saat dikonsumsi justru akan merusak tubuh.

Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Mereka cenderung menuruti keinginan tidak mempertimbangkan baik buruknya untuk kesehatan.

Padahal makan makanan yang sehat akan meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa mendukung aktivitas sehari-hari jadi lebih lancar. Makanan sehat selain mudah di dapatkan juga sangat sederhana bila ingin membuatnya sendiri di rumah.

Menu makanan sehat dapat berupa sayur, buah-buahan, biji-bijian. Untuk memperoleh tubuh yang bugar selain mengonsumsi makanan sehat biasakan juga rajin olahraga, istirahat yang cukup dan memperbanyak konsumsi air putih.

Berikut ini adalah 12 menu makanan sehat dan sederhana yang bisa membuat tubuh lebih bugar untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

1 dari 12 halaman

1. Pecel

pecel madiun

2020 Merdeka.com/graved.com

Menu sehat yang pertama adalah pecel, siapa yang tidak mengenal pecel? Makanan tradisional khas Jawa Timur ini berisi berbagai macam sayuran seperti bayam, kangkung, tauge, mentimun, dan banyak lagi.

Dengan variasi sayuran di dalam pecel, kamu akan terhindar dari penyakit yang menyerang tubuh yang lemah. Namun karena pecel dibaluri bumbu kacang, tak jarang bumbu tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat di wajah bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

2 dari 12 halaman

2. Toast Selai Alpukat dan Telur

toast

huffingtonpost.com

Menu sehat selanjutnya adalah toast selai alpukat dan telur. Jika biasanya roti tawar, alpukat dan telur dimakan secara terpisah, kali ini ketiga makanan tersebut dikombinasikan menjadi makanan sehat yang tidak boleh kamu lewatkan. Menu ini sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan yang sehat.

3 dari 12 halaman

3. Oatmeal

014 febrianti diah kusumaningrum

Crock-Pot

Semangkuk oat-meal di pagi hari dapat menurunkan risiko penyakit tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan menurunkan kolesterol. Kandungan serat yang tinggi membuat oat-meal menjadi menu sarapan yang ideal. Kamu juga bisa menambahkan buah segar rendah gula, kacang, atau susu kaya kalsium sebagai topping.

4 dari 12 halaman

4. Pepes Ikan

ilustrasi pepes ikan

shutterstock.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan memiliki kandungan gizi tinggi protein, vitamin, dan mineral yang membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, ikan juga bisa menurunkan jumlah lemak di dalam tubuh.

Bahkan, kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan memiliki peranan penting untuk kesehatan jantung. Kamu bisa memasak pepes ikan yang kental akan rasa masakan tradisional namun juga sehat untuk tubuh.

5 dari 12 halaman

5. Sup Bening

sup bening

pixabay.com

Sup bening yang terdiri dari berbagai macam sayuran bisa memberi tenaga. Makan malam sebaiknya pilih menu sup bening dibanding tipe sup yang kental dan mengandung banyak bumbu. Perbanyak sayuran dan kurangi daging-dagingan.

Sup sayuran juga membuat pencernaan kamu lebih lancar dibandingkan dengan sup pekat dan mengandung banyak lemak.

6 dari 12 halaman

6. Sandwich

ilustrasi sandwich

2012 Merdeka.com

Menu makanan sehat lainnya yaitu sandwich, layaknya roti tawar selai alpukat telur, sandwich juga bisa dijadikan alternatif menu makanan sehat. Sandwich biasanya terdiri atas tomat, mentimun, selada, dan juga tambahan keju.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan daging dan telur. Dengan mengkonsumsi sandwich, sama artinya kamu telah berhasil melahap menu sehat all in one.

7 dari 12 halaman

7. Steak Salad

5 cara membuat tempe mendoan tempe bacem hingga steak tempe yang enak dan praktis

2020 Merdeka.com

Konsumsi daging sangatlah penting untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizi daging sapi khususnya kaya akan sumber protein dan besi.

Tentu saja kamu bisa kreasikan salad sayur dengan daging sapi untuk memulai hidup sehat untuk membuat tubuh jadi lebih bugar.

8 dari 12 halaman

8. Gado-Gado

gado gado ayam

Instagram/doyankuliner

Menu makanan sehat yang satu ini mudah didapatkan dan harganya terbilang cukup murah. Bila ragu dengan kebersihan yang dijual di pinggir jalan, kamu bisa membuat gado-gado di rumah.

Cara membuat gado-gado cukup mudah, siapkan beberapa macam sayuran yang menyehatkan sepeti tauge, wortel, kubis, kangkung, mentimun, selada, tahu, tempe dan sayuran lainnya yang cocok dijadikan gado-gado. Potong dan rebus semua bahan ini.

Sementara itu bumbunya, kamu bisa memakai bumbu kacang instan yang banyak tersedia di minimarket hingga supermarket. Bila tidak ada cobek di rumah, kamu juga bisa menggunakan wadah untuk mencampurkan sayuran dengan bumbu kacang.

9 dari 12 halaman

9. Brokoli

ilustrasi daging sapi tumis brokoli

Shutterstock

Sudah menjadi rahasia umum bila brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang banyak dicari karena memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Rasanya tidak pahit dan mengandung kalori yang rendah.

Menu ini cocok untuk makan malam kamu karena menyuplai anti oksidan dan menyehatkan di malam hari. Sayur brokoli dapat kamu kreasikan menjadi tumis brokoli maupun dengan mencampur sayuran lain menjadi cap cay goreng ataupun rebus.

10 dari 12 halaman

10. Smoothies

berat badan

boldsky.com

Menu makanan sehat berikutnya adalah smoothies yang merupakan jenis jus buah yang dibuat lebih pekat dan kental. Jika biasanya jus buah-buahan dicampur dengan air putih dan gula, smoothies bisa dicampur dengan es batu, yoghurt, madu ataupun susu kental manis.

Selain itu, smoothies juga bisa berupa campuran buah dan sayur. Smoothies sangat cocok untuk masuk ke dalam menu makanan sehat karena nutrisi lebih mudah diserap jika tekstur makanan lebih halus. Ditambah, kamu hanya perlu meneguknya tanpa harus mengunyah.

11 dari 12 halaman

11. Sayur Bayam

bayam

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Bayam adalah salah satu sayuran yang bisa kamu buat menjadi teman nasi. Harganya yang murah dan banyak tersedia di pasar, bayam juga menyehatkan. menu Makanan sehat ini bisa kamu buat menjadi sayur bayam bening yang menyegarkan.

Cara membuat sayur bayam cukup mudah, kamu hanya perlu menyediakan beberapa ikat bayam, bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, garam, gula, dan dan air.

Bila ingin memperkaya rasa, kamu bisa menambahkan jagung manis. Saat membuat sayur bayam pastikan kamu memasaknya tidak terlalu lama supaya kamu tidak kehilangan nutrisinya.

12 dari 12 halaman

12. Salad Buah da Sayur

cara membuat salad buah dan sayur

2020 Merdeka.com

Menu makanan sehat yang terkahir adalah salad buah dan sayur. Campuran salad ini cukup mudah dibuat. Bahan-bahan yang perlu siapkan seperti tomat, alpukat yang mengandung banyak vitamin dan lemak tak jenuh.

Tomat mengandung vitamin A, C, dan likopen, sementara alpukat mengandung vitamin E, sehingga campuran keduanya baik untuk kesehatan kulit kamu. Menu makanan sehat ini juga cocok bagi kamu yang sedang menjalani diet.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini