Warga Jepang lagi doyan menikah tanpa pasangan

Jumat, 7 November 2014 14:15 Reporter : Destriyana
Warga Jepang lagi doyan menikah tanpa pasangan Solo Wedding. ©2014 Merdeka.com/Cerca Travel/Facebook

Merdeka.com - Pernikahan kini menjadi sesuatu yang langka di Jepang karena kebanyakan orang menempatkan karir di atas segalanya. Dan fenomena itu berhasil memunculkan banyak layanan yang diperuntukkan bagi wanita lajang. Salah satunya adalah Solo Wedding.

Layanan ini menawarkan paket pernikahan bagi wanita lajang atau wanita yang sudah memiliki pacar tetapi belum ada rencana untuk menikah, untuk merasakan pengalaman jadi pengantin. Meski terkesan aneh, konsep ini rupanya sangat populer di kalangan wanita Jepang saat ini.

solo wedding

Sejak Cerca Travels, perusahaan yang berbasis di Kyoto, meluncurkan Solo Wedding pada bulan Juni kemarin, sudah ada 10 wanita lajang yang memesan layanan tersebut. Seperti dilansir situs RocketNews24, layanan ini ditangani oleh para profesional, dan dilengkapi dengan tingkat yang sama layaknya upacara pernikahan betulan.

solo wedding

Setelah pengantin wanita mengenakan gaun putihnya, dia akan dibawa ke lokasi indah di Kyoto untuk menjalani sesi pemotretan. Klien juga bisa minta ditemani oleh seorang pria yang berperan sebagai pendampingnya. Cerca Travels menyediakan pengantin pria berusia antara 20-70 tahunan.

Ada berbagai paket yang tawarkan, dan yang termurah dibanderol mulai 330.000 yen (sekitar Rp 34,7 juta).

"Saya benar-benar merasa seperti sedang bermimpi," tulis seorang klien berusia 50-an di situs resmi Cerca Travels.

solo wedding

Photos byCerca Travel/Facebook

Klien lain yang berusia 30-an mengatakan bahwa dia merasa sangat bahagia, dan sudah lama ingin memakai gaun pernikahan. Meski dia bukanlah seorang wanita lajang, dia tidak ingin mengganggu pacarnya dengan terus merengek minta dinikahi.

Beberapa mungkin berpikir bahwa konsep ini sangat aneh. Namun, banyak wanita di luar sana yang tidak memiliki kesempatan untuk merasakan pernikahan yang sempurna. [des]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pernikahan
  3. Wanita Merdeka
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini