Sukses di Usia Muda, Pria Ini Ubah Hobi Main Game Jadi Bisnis Beromzet Puluhan Juta

Selasa, 22 November 2022 12:40 Reporter : Tantri Setyorini
Sukses di Usia Muda, Pria Ini Ubah Hobi Main Game Jadi Bisnis Beromzet Puluhan Juta ilustrasi main game online. © unsplash.com/Pandhuya Niking

Merdeka.com - Hobi ngegame dianggap cuma menghabiskan waktu dan uang? Siapa bilang? Tidak semua berujung pada hal-hal negatif, lho. Bagi Mars Van Leunheuwk, dunia game justru mampu disulap menjadi sumber penghasilan. Hobi game telah mendatangkan rupiah dengan jumlah tak main-main baginya.

Pemuda bernama asli Jati Kisworo ini menjadikan hobi bermain game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) untuk mendulang jutaan hingga puluhan juta rupiah. Bagaimana tidak, dengan kecerdikannya, dia mampu memanfaatkan tren jual-beli antarpemain dengan cara menjadi joki di game online.

Tak dimungkiri bahwa hal ini memang menjadi salah satu penghasil uang. Targetnya adalah para pemain yang kesulitan meningkatkan rankingnya. Di situ dia masuk dan menawarkan bahwa dirinya mampu menggantikan bermain. Jaminannya dengan menaikkan ranking akun. Biasanya rankingnya tergantung dengan kesepakatan bersama. Jadi seperti itulah konsep joki game online yang biasa dijalankan.

2 dari 3 halaman

Berawal dari Point Blank sampai Raup Puluhan Juta dari Mobile Legends

Jati Kisworo adalah seorang web designer front-end developer. Ia telah membuat ratusan situs, baik untuk keperluan bisnis, organisasi, hingga individu. Prinsipnya adalah mengedepankan fungsi dan estetika dengan desain modern dan kepraktisan dalam penggunaan.

Ia memulai bisnisnya dari bawah. Pria lulusan Universitas Bunda Mulia Jakarta ini sempat mengikuti Audition AyoDance, menanjak ke joki Point Blank di 2010, sampai ke MLBB seperti sekarang. Ternyata, profesi unik ini terbukti menggiurkan.

Berawal dari jual beli item Top-up Diamond & Gift Skin dengan satu atau dua pelanggan per hari, kini dia bisa mengantongi Rp50 juta sampai Rp100 juta setiap bulan melalui situs Marspedia.ID yang dimilikinya. Nah, keren bukan? Jangan kaget kalau jumlah tersebut hanya didapatnya dari jasa joki ranking saja.

Marspedia.ID menawarkan jasa pembuatan program, web design, automatisasi BOT, pembuatan aplikasi custom, digital marketing, dan beberapa jasa online lainnya. Berkat kerja kerasnya, semua bisa didapat dengan mudah. Lihat sekarang, dia telah menjadi sosok yang sukses di bidangnya. Perlu kamu tahu bahwa semua pencapaian tersebut dikelola sendiri oleh Mars Van Leunheuwk.

Di samping itu, ia juga punya bisnis JokiMars yang menyediakan jasa joki game online yang membawahi lebih dari 100 orang anggota dengan skill mumpuni.

3 dari 3 halaman

Perusahaan riset dari Jerman, Statista menyebut bahwa perputaran uang di bisnis game online di Indonesia pada 2022 ini berkisar $287,50 juta atau lebih dari Rp4,4 triliun. Pada 2027 nanti, diperkirakan bakal ada penggelembungan duit dari bisnis ini menjadi US$ 410 juta.

Sementara itu, jumlah pemain mobile game di Indonesia sudah mencapai 54,7 juta pada 2020. Tahun ini, jumlahnya bisa dipastikan sudah berlipat ganda.

Makin berkembangnya e-sport, profesi gamer dan hobi game online bakal makin dilirik. Kesempatan untuk memenuhi pundi-pundi kekayaan lewat aktivitas ini ditengarai bakal meluas. Mars Van Leunheuwk sudah membuktikannya. [tsr]

Baca juga:
Lomba Gendong Istri, Eh Para Suami Lupa Pasangannya Mana 'Game Penghancur RT'
God of War Ragnarok Dirilis di Indonesia, Ini Sinopsisnya
God of War Ragnarok Game Terbaru dari Sony Dirilis di Indonesia, Cek Harganya!
Tak Sebal, Wanita Ini Justru Beri Camilan Bocah yang Numpang Wifi untuk Main Game
Penampakan Infinix Hot 20S, Harga Rp 2 Jutaan Cocok Buat Gamers

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Game
  3. Profesi Unik
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini