Takut berlibur sendirian? Lakukan cara inI!

Minggu, 6 Oktober 2013 14:06 Reporter : Kun Sila Ananda
Takut berlibur sendirian? Lakukan cara inI! Ilustrasi bepergian sendiri. ©Shutterstock.com/Dudarev Mikhail

Merdeka.com - Bepergian dan berlibur sendiri bisa menjadi hal yang membebaskan dan menyenangkan. Tapi bagi banyak orang berlibur sendirian juga bisa menakutkan. Tak perlu panik! Jika kalian termasuk orang yang takut pergi sendirian ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan.

Takut pergi ke tempat yang jauh sendirian bisa kalian atasi, bergantung pada tujuan kalian untuk berlibur sendiri, seperti dilansir oleh Huffington Post (04/10). Jika kalian ingin berlibur sendiri karena:

1. Bosan dengan rutinitas
Kalian bisa mencoba jalur-jalur perjalanan baru di sekitar kalian. Tak perlu terlalu jauh dulu. Misalkan jika kalian selalu lewat jalan A saat pergi kerja, coba lewat jalan B atau C. Begitu juga jika kalian ingin pergi ke tempat nongkrong, coba cari tempat nongkrong yang jarang atau belum pernah kalian coba. Biarkan diri kalian 'tersesat' dan mengeksplorasi tempat-tempat baru, untuk sementara di lingkungan kalian dulu. Jika ini sudah membuat kalian berani, kalian bisa mencoba 'tersesat' di tempat yang lebih jauh.

2. Ingin sendirian
Kalian bisa melakukan tur buku, dengan mengeksplorasi perpustakaan atau toko-toko buku yang membuat kalian tertarik. Ada peribahasa yang mengatakan bahwa buku adalah teman duduk terbaik. Tampaknya buku juga pilihan baik jika kalian membutuhkan waktu sendirian namun takut kesepian.

Ketakutan di bawah ini juga seringkali menghantui mereka yang ingin pergi berlibur sendirian. Jangan khawatir, ada cara untuk mengatasinya, seperti berikut ini.

1. Takut tersesat
Untuk mengatasi ini, coba lakukan liburan ke tempat wisata di sekitar kalian dulu. Sebelumnya, lakukan penelitian mengenai jalur yang akan kalian tempuh, kendaraan yang dibutuhkan, dan biaya. Setelah itu, jangan lupa membawa peta, kompas, dan beritahu teman atau keluarga tujuan liburan kalian.

2. Takut kesepian
Kalian tak akan tahu apakah akan kesepian atau tidak jika tak pernah mencoba pergi sendirian. Untuk mencobanya, kalian bisa pergi sendiri ke restoran, atau tempat-tempat wisata di sekitar kalian terlebih dahulu. Jika kalian justru menikmati pergi sendirian berarti kalian tak perlu khawatir kesepian. Jika merasa sepi, kalian bisa melakukan beberapa trik yang membuat kalian nyaman, misalkan membawa buku atau lainnya.

3. Tak bisa bertemu dengan orang
Well, sebenarnya yang satu ini tak sepenuhnya benar. Ketika berlibur, kalian tentu bertemu dengan banyak orang baru. Kemungkinan kalian juga bisa bertemu backpacker atau pelancong yang sedang pergi sendirian juga. Selain itu, orang-orang di sekitar tempat wisata biasanya juga bisa diajak bicara jika kalian punya pertanyaan. Kalian hanya harus berhati-hati dengan siapa kalian berbicara saat di perjalanan.

Sebenarnya tak ada cara yang benar atau salah untuk menyiapkan diri saat berlibur. Yang terpenting adalah kalian berani mencoba. Awalnya cobalah pergi ke tempat yang tak terlalu jauh, di kota kalian saja. Selanjutnya jika kalian sudah terbiasa dan berani, kalian bisa mulai bepergian sendiri ke tempat yang lebih jauh.

[kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Liburan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini