Solar Floating Resort: Hotel bertenaga surya di atas air

Sabtu, 9 Juni 2012 13:05 Reporter : Kun Sila Ananda
Solar Floating Resort: Hotel bertenaga surya di atas air Desain Solar Floating Resort. merdeka.com/Michele Puzzolante

Merdeka.com - Anda tentu ingat dengan bioskop yang mengambang di atas laut. Di masa depan, tak hanya bioskop, namun Anda bisa mencoba menginap sekaligus berlibur di hotel yang bisa mengambang di atas air, yaitu Solar Floating Resort. Hebatnya lagi, seperti namanya, hotel ini didukung sepenuhnya oleh panel-panel fotovoltaik surya yang melapisinya seperti kulit. Hotel yang juga merupakan kapal pesiar ini tentu akan membuat Anda membayangkan film James Bond yang penuh dengan alat-alat dan transportasi canggih.

Solar Floating Resort (SFR) yang dibuat oleh desainer Italia Michele Puzzolante ini adalah gedung unik yang tidak sepenuhnya menggunakan tenaga surya, dan nol persen bersih, tanpa polusi. Dengan desain yang futuristik, hotel dan kapal pesiar ini dibuat menggunakan bahan dan teknik yang biasa digunakan oleh industri mobil dan angkatan laut. Antara lain adalah fabrikasi elemen standar yang diulang serta teknologi moulding. Dengan menggunakan teknik ini, mereka bisa memproduksi ratusan keping yang bisa mengurangi biaya fabrikasi. Sementara keseluruhan bangunan bisa disatukan dalam waktu beberapa minggu, seperti menyusun bagian-bagian LEGO.

Masing-masing bagian terdiri dari dua lapisan komposit yang diperkuat oleh fiberglass balsa, yaitu bahan yang digunakan oleh industri angkatan laut karena bobotnya yang ringan dan kualitasnya yang baik. Bahan ini disebut-sebut sebagai bahan yang lebih kuat daripada dinding batu setebal delapan inci.

Yang paling menarik dari bangunan ini adalah bahwa bangunan yang bisa mengambang ini bisa memuat enam orang dan dilengkapi dengan jacuzzi, serta ruangan khusus transparan yang bisa membuat penggunanya menikmati suasana bawah laut. Bangunan ini dirancang untuk bisa memenuhi semua kebutuhan listrik dengan menggunakan panel surya tipis yang terhubung langsung ke masing-masing bagian.

Namun sayangnya, hingga saat ini masih belum diketahui berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk bisa menikmati liburan di atas bangunan yang futuristik ini. [kun]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini