Seru, Berwisata ala Backpacking dengan Kereta Api Murah-Meriah

Rabu, 24 Juni 2020 12:01 Reporter : Syakur Usman
Seru, Berwisata ala Backpacking dengan Kereta Api Murah-Meriah Ilustrasi naik kereta api. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Berlibur selalu menjadi kegiatan menyenangkan, terutama bagi Anda yang setengah penat menjalani rutinitas kerja sehari-hari. Ketika jiwa berwisata menggelora, tidak ada salahnya untuk mengambil cuti selama beberapa hari untuk menikmati liburan singkat. Liburan ala backpacker bisa menjadi pilihan Anda yang ingin merasakan serunya berlibur dengan bujet hemat.

Salah satu alat transportasi ideal yang banyak digunakan backpacker adalah kereta api. Anda memperoleh tiket kereta api murah dengan berbagai macam cara. Berikut adalah beberapa tips untuk meraih harga tiket kereta api yang lebih murah untuk berwisata:

1. Tentukan Waktu Keberangkatan

Untuk mendapatkan tiket kereta murah, salah satu hal penting yang wajib Anda perhitungkan adalah waktu keberangkatan. Waktu liburan panjang adalah saat yang kurang tepat untuk memesan tiket perjalanan dengan menggunakan kereta api. Pasalnya, harga tiket kereta api dijamin akan melambung tinggi. Anda juga harus berlomba-lomba dengan ratusan keluarga yang ingin berwisata dengan menggunakan kereta api. Potensi kehabisan tiket pun tinggi, sehingga Anda terpaksa harus memasang strategi agar dapat memperoleh tiket ke tujuan wisata.

Sebaliknya, waktu sempurna untuk memesan tiket kereta adalah saat low season. Pada low season, jumlah wisatawan yang bepergian pun menurun cukup drastis. Harga tiket kereta api pun dijamin jauh lebih murah. Selama low season, PT KAI juga kerap mengadakan berbagai promo dengan harga tiket lebih murah. Sehingga, kesempatan Anda untuk mendapatkan tiket kereta murah pun terbuka lebar.

2. Booking Tiket Jauh-jauh Hari

Ada kalanya Anda ingin pergi berlibur di saat peak season, seperti menikmati festival di satu kota. Seperti diulas sebelumnya, berwisata selama musim liburan seringkali membuat Anda kehabisan tiket karena harus berebut dengan ratusan masyarakat Indonesia lainnya. Namun, ada satu cara untuk mengakali hal tersebut, yakni melakukan reservasi jauh hari sebelum keberangkatan.

Reservasi tersebut bisa dilakukan paling tidak beberapa bulan hingga 2 minggu sebelum jadwal keberangkatan. Dengan demikian, Anda dapat menunggu waktu keberangkatan dengan nyaman. Tak hanya itu, dengan cara ini Anda juga bisa menghindari harga tiket kereta api yang mahal.

3. Beli Tiket Kereta Api di Situs Booking Online

Trik lain untuk mendapatkan tiket kereta api murah meriah adalah membelinya melalui situs booking online. Beberapa situs e-commerce kerap menawarkan berbagai promo tiket kereta api atau pesawat. Membeli tiket kereta api secara online sangatlah praktis dan cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan kerja padat.

Untuk mendapat harga terbaik, jangan lupa melakukan perbandingan harga dari satu penawaran di beberapa situs e-commerce. Tentunya, Anda juga perlu berhati-hati dan melakukan transaksi dengan situs E-Commerce yang sudah terpercaya.

4. Manfaatkan Jasa Travel

Cara mudah lainnya adalah memanfaatkan jasa agen travel. Dengan bantuan agen travel, Anda tidak perlu susah-susah mencari harga tiket yang murah. Mereka akan membantu Anda menemukan penawaran harga tiket kereta api yang termurah.

Anda juga perlu memastikan bahwa agen perjalanan tersebut memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Untuk melakukan pembelian, beberapa agen travel memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Beberapa agen mungkin akan meminta Anda untuk datang langsung ke kantor untuk melakukan pembelian. Namun ada juga agen travel yang menawarkan pembelian tiket kereta api secara online.

1 dari 1 halaman

5. Pilih Kereta Api Ekonomi

jembatan kereta api cikubang

Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Kelas ekonomi memang menyandang peringkat yang cukup buruk dan identik dengan ketidaknyamanan. Namun itu dulu! Sekarang, Anda tidak perlu gengsi untuk memesan tiket kereta api kelas Ekonomi. Karena kelas ini pun menawarkan kenyamanan yang kurang lebih sama dengan kelas Bisnis dengan harga yang lebih murah. Anda tidak perlu lagi khawatir duduk di bangku yang keras dan berdesak-desakan dengan penumpang kereta api yang lain.

Karena PT KAI telah merombak total gerbong kelas Ekonomi dengan mengganti kursi penumpang menjadi lebih nyaman dan ditambahi dengan pendingin udara. Penumpang kelas ini pun juga dibatasi sehingga tidak ada lagi istilah berdesak-desakan. Sehingga Anda pun dapat menikmati perjalanan wisata backpacking dengan lebih menyenangkan.

6. Pantau Penawaran Tiket PT KAI

Tidak hanya dari situs E-Commerce atau agen travel, Anda juga bisa mendapatkan promo tiket kereta api dari PT. KAI. Perusahaan BUMN ini cukup sering menawarkan berbagai macam promo tiket perjalanan dengan kereta api yang sangat menggiurkan. Salah satu contohnya adalah perusahaan ini pernah memberikan promo seat kereta api yang bisa diperoleh dengan harga Rp 70.000 pada 2015.

Di lain waktu, KAI juga pernah memberikan diskon tiket kereta api mencapai 40 persen. Anda bisa mendapatkan promo tiket kereta api dari KAI dengan mengakses situs resmi dari perusahaan tersebut. Beberapa minimarket di Indonesia juga bekerja sama dengan PT KAI. Sehingga Anda pun semakin dimudahkan dalam mendapatkan harga tiket yang murah-meriah.

7. Unduh Aplikasi KAI Access

Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan harga tiket kereta api yang murah, unduhlah aplikasi mobile bernama Kereta Api Indonesia Access. Aplikasi smartphone yang diluncurkan oleh PT KAI ini dapat Anda unduh dengan gratis dan memudahkan dalam update berbagai macam promo terbaru yang ditawarkan. Anda juga semakin termudahkan dalam melakukan reservasi dan pembelian tiket kereta api.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat langsung melakukan pembelian tiket tanpa harus datang ke stasiun dan antri selama berjam-jam di loket. Anda juga tidak perlu khawatir akan kehabisan tiket kereta!

Dengan menggunakan alat transportasi kereta api, ada banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang dapat Anda kunjungi. Yuk, rencanakan aktivitas backpacking dan selamat berlibur!

[sya]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini