Mitos dan fakta menarik seputar kucing hitam

Kamis, 24 Oktober 2013 10:23 Reporter : Kun Sila Ananda
Mitos dan fakta menarik seputar kucing hitam Ilustrasi kucing hitam. ©Shutterstock.com/Olga Selyutina

Merdeka.com - Selama ini kucing hitam identik dengan nasib sial. Banyak yang percaya bahwa ketika bertemu dengan kucing hitam di jalan, mereka akan segera mengalami kesialan. Tampaknya kepercayaan ini sangat mengakar, terutama bagi masyarakat Eropa.

Fakta terbaru berdasarkan Journal of Applied animal Welfare Science mengungkap bahwa kucing hitam seringkali ditelantarkan dan susah diadopsi. Pasalnya, banyak orang yang masih percaya bahwa kucing hitam membawa sial. Terkadang toko hewan atau perawatan hewan bahkan harus menurunkan harga adopsi atau menawarkan perawatan gratis untuk kucing hitam karena sepinya peminat.

Dari penelitian tersebut, sekitar 26,1 persen masyarakat merasa warna sangat penting ketika mengadopsi kucing. Sementara 23,9 persen merasa netral dengan warna kucing. Sementara itu, meski 50 persen orang mengaku bahwa warna tak penting, nyatanya kucing berwarna hitam masih kurang peminat.

Yang menduduki peringkat pertama dalam adopsi dan paling dicari adalah kucing berwarna putih polos. Di urutan ketiga ada warna abu-abu, kemudian hitam dan putih, merah, baru kemudian warna hitam dan cokelat.

Meski begitu, tak semua kebudayaan menganggap kucing hitam pembawa sial. Berikut adalah mitos lain dan fakta menarik seputar kucing hitam, seperti dilansir oleh Huffington Post (21/10).

1. Di Inggris, memberikan kucing hitam pada mempelai wanita justru dipercaya bisa memberikan nasib baik.

2. Beberapa organisasi tidak mengizinkan adopsi kucing hitam di bulan Oktober karena mereka khawatir kucing tersebut akan digunakan untuk ritual-ritual aneh oleh anak muda, atau sekte tertentu. Mereka khawatir kucing hitam tersebut akan diperlakukan dengan kejam.

3. Untuk membuat masyarakat mau mengadopsi kucing hitam, sebuah penitipan hewan di Nevada menggunakan jargon "Adopsi Phanter mini milik Anda sendiri!" dengan menyamakan kucing hitam dengan macam phanter, mereka berharap banyak orang tertarik mengadopsi kucing hitam. Dan hasilnya, 18 kucing hitam milik mereka berhasil diadopsi.

4. Berdasarkan kepercayaan Skotlandia, kucing hitam yang muncul di rumah adalah pertanda rezeki dan bisa mendatangkan kemakmuran.

Itulah beberapa mitos menarik sekaligus fakta terbaru seputar kucing hitam. Apakah kalian termasuk orang yang percaya bahwa kucing hitam membawa sial?

Baca juga:
Jepang ciptakan wine merah khusus untuk kucing
Terbukti, anjing memiliki emosi sama seperti manusia
Snoopybabe, kucing imut yang hebohkan warga China
Kondom untuk hewan peliharaan dijual secara online?

Topik berita Terkait:
  1. Binatang Peliharaan
  2. Fakta Unik
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini