Lingkungan yang Sehat Berawal dari Saluran Air Buangan yang Higienis, Kok Bisa?

Selasa, 4 Januari 2022 22:39 Reporter : Wuri
Lingkungan yang Sehat Berawal dari Saluran Air Buangan yang Higienis, Kok Bisa? ©Shutterstock.com

Merdeka.com - Lingkungan yang sehat adalah salah satu hal yang dibutuhkan dalam mendukung kualitas hidup masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Apalagi, hubungan kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat sangat erat kaitannya. Jadi, menjaga kebersihan diri saja nggak cukup. Penting juga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar kualitas hidup bisa semakin meningkat.

Namun, tahukah kamu kalau salah satu faktor yang mendukung terciptanya lingkungan yang bersih adalah perencanaan saluran air buangan yang tepat? Ternyata, saluran air buangan yang higienis mempengaruhi kualitas kesehatan lingkungan di sekitarnya. Begini penjelasannya.

Mengenal Instalasi Saluran Air Buangan

Dalam konsep instalasi perpipaan, ada yang namanya saluran air bersih dan saluran air buangan. Jika saluran air bersih mengalirkan air menuju domestik rumah tangga yang digunakan untuk minum, memasak, mencuci pakaian dan sebagainya, saluran air buangan berfungsi mengalirkan air limbah rumah tangga menuju saluran kota.

Namun, sering ditemui saluran air buangan di rumah menjadi tempat bersarang tikus dan hewan lain. Hal ini terjadi karena karakteristik saluran air buangan yang dingin, lembap, dan bau sehingga menjadi tempat bersarangnya mikroorganisme hingga hewan lainnya. Saluran air buangan yang menjadi tempat bersarangnya berbagai hewan dan mikroorganisme tentu saja mempengaruhi kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar tempat tinggal.

Inovasi Instalasi Saluran Air Buangan yang Higienis

Fenomena saluran air buangan yang mempengaruhi kualitas kesehatan lingkungan di sekitarnya membutuhkan solusi yang efektif. Inilah yang kemudian mendorong Rucika sebagai Solusi Total Sistem Perpipaan menghadirkan inovasi fitting Backflow Valve yang menjadi varian produk Rucika Hygienic System Special Fitting. Inovasi ini diciptakan untuk mendukung saluran air buangan yang lebih higienis, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

rucika baru

Bagi yang belum tahu, Backflow Valve adalah fitting spesial yang dipasang di saluran buangan akhir menuju ke saluran limbah utama untuk mencegah aliran balik, serta meminimalisir masuknya hewan dan serangga ke dalam saluran air buangan.

Ada beberapa manfaat dan keunggulan dari Backflow Valve untuk mendukung saluran air buangan yang lebih higienis, antara lain sebagai berikut:
- Mencegah air limbah masuk dari saluran kota
- Mencegah masuknya serangga dan hewan lainnya seperti tikus
- Meminimalisir bau air kotor instalasi
- Instalasi dan perawatan sehari-hari yang lebih mudah

rucika baru

Ternyata, dengan langkah sederhana yaitu memasang Backflow Valve pada akhir saluran air buangan di rumah, bisa ikut mendukung terciptanya lingkungan rumah yang lebih bersih dan sehat. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, saatnya dukung terciptanya lingkungan sekitar yang lebih sehat dengan saluran air buangan yang lebih higienis!

Info lebih lengkap tentang Backflow Valve dari Rucika bisa diakses dengan klik di sini.

[tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini