Kisah pohon jodoh di Jerman, punya alamat dan kotak surat sendiri

Kamis, 16 Maret 2017 12:08 Reporter : Tantri Setyorini
Bridegroom's Oak. ©Hans Wolters/Panoramio

Merdeka.com - Pohon ek di Jerman ini memang benar-benar unik. Pohon yang berusia lebih dari 100 tahun ini dipercaya bisa mempertemukan jodoh. Punya alamat dan kotak surat sendiri, seperti rumah dan gedung pada umumnya. Alamat lengkapnya adalah Brautigamseiche, Dodauer Forst, 23701 Eutin.

Dilansir Amusing Planet, lajang di Jerman, bahkan dari negara-negara lain menulis surat untuk mencurahkan isi hati seputar persoalan cinta atau menyampaikan sebait doa untuk memohon jodoh. Hingga saat ini, Bridegroom's Oak biasa menerima lima sampai enam surat setiap hari. Siapa saja bisa mengambil dan membalas surat di sana. Gara-gara ini, katanya sudah banyak pasangan yang bertemu berkat surat-surat di Bridegroom's Oak.

Bridegroom's Oak. Armin von Werner/Wikimedia

Bridegroom's Oak. Holger.Ellgaard/Wikimedia

Uniknya, Bridegroom's Oak sendiri juga punya pasangan. Pada tahun 2009, pohon ek dinikahkan dengan Himmelgeist Chestnut, pohon kastanye di Dusseldorf. Kedua pohon tersebut merupakan satu-satunya tumbuhan yang punya alamat resmi sendiri di Jerman.

Bridegroom's Oak. Holger.Ellgaard/Wikimedia

Asal-usul tradisi ini bermula pada abad 19. Dahulu kala, ada seorang gadis bernama Ohrt yang jatuh cinta kepada anak seorang pembuat cokelat Leipzig, Schutte-Felsche. Ayah gadis itu tidak menyetujui hubungan keduanya, sehingga mereka diam-diam saling berkirim surat lewat lubang di batang pohon Bridegroom's Oak. Akhirnya ayah sang gadis menyerah dan pasangan itu menikah di bawah rimbunnya cabang pohon Bridegroom's Oak pada tanggal 2 Juni 1891.

Kisah tentang Bridegroom's Oak menyebar dari mulut ke mulut dan dalam beberapa tahun saja orang mulai menulis surat kepada pohon itu. Pada tahun 1927, biro pos Jerman memberikan alamat dan kode pos sendiri kepada Bridegroom's Oak, sehingga orang-orang dari seluruh negeri bisa mengirim surat ke sana. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini