Jangan Langsung Dibuang, Ini 4 Manfaat Ampas Kopi untuk Kehidupan Sehari-Hari

Jumat, 20 Mei 2022 18:20 Reporter : Jeffreydien Winanda
Jangan Langsung Dibuang, Ini 4 Manfaat Ampas Kopi untuk Kehidupan Sehari-Hari Jangan Langsung Dibuang, Ini 4 Manfaat Ampas Kopi untuk Kehidupan Sehari-Hari. ©2022 Shutterstock

Merdeka.com - Memulai pagi dengan secangkir kopi memang membuat seisi hari menjadi lebih produktif. Selain menjadi mood booster, ternyata kopi juga menyimpan manfaat lain untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari lho.

Selain rasa nikmat dari secangkir kopi, ampas seduhannya juga ternyata menyimpan manfaat lho. Mulai dari pengharum ruangan hingga penyubur tanaman, ini manfaat dari ampas kopi hitam.

Menjadi Pengharum Ruangan Alternatif

Sudah menjadi rahasia umum jika biji kopi maupun yang sudah digiling memiliki kemampuan untuk menyerap udara tak sedap sekaligus menggantinya dengan aroma menenangkan. Maka tak heran jika kopi sering berada di toko parfum untuk menetralkan bau.

Ampas kopi yang sudah diseduh juga masih menyimpan manfaat yang sama. Ampas kopi tersebut bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan alternatif yang menenangkan dan murah.

Caranya adalah dengan meletakkan ampas kopi pada wadah terbuka. Letakkan ampas kopi dan wadah tersebut di ventilasi udara untuk membuat seisi rumah beraroma segar.

Efektif Mengusir Serangga

Ampas kopi memiliki kandungan yang tidak disukai serangga seperti kecoa, semut, dan masih banyak lagi. Ampas kopi ini pun menjadi sangat efektif untuk mencegah hadirnya serangga ke dalam rumah. Kamu bisa menebarkan ampas kopi ke beberapa spot strategis yang disukai serangga seperti sudut ruangan, teras, atau halaman belakang.

Penyubur Tanah dan Tanaman

Selain memiliki rasa yang nikmat, ampas dari kopi juga masih menyimpan nutrisi seperti kalsium, nitrogen, fosfor, dan kalium. Kandungan nutrisi ini bisa membantu pertumbuhan tanaman serta menyuburkan tanah.

Caranya adalah dengan menebarkan ampas kopi yang telah dikeringkan ke atas tanah atau media tanam lainnya. Ampas kopi yang ditebarkan ini efektif membantu perkembangan mikroorganisme yang menstimulasi kesuburan tanah.

Menghilangkan Warna Kusam pada Perabot Kayu

Ampas kopi juga bermanfaat untuk menghilangkan warna kusam pada perabot serta furnitur kayu. Balurkan dan gosok secara halus ampas kopi ke permukaan furnitur kayu yang kusam. Setelah ampas kopi digosokkan secara merata, bersihkan dan lihatlah perubahannya.

Sudah tahu kan manfaat dari ampas kopi untuk beragam kebutuhan? Jangan buang ampas kopimu setelah diseduh ya!

[jfw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini