Cara Membuat Puding Marie Tiga Lapis, Cocok untuk Camilan dan Hantaran

Kamis, 15 November 2018 12:02 Reporter : Tantri Setyorini
Cara Membuat Puding Marie Tiga Lapis, Cocok untuk Camilan dan Hantaran Puding marie tiga lapis. ©Cookpad/tintinrayner

Merdeka.com - Untuk camilan di sore hari, sepotong puding yang creamy tentu bikin suasana santai semakin lengkap. Kalau begitu, coba bikin puding marie tiga lapis, yuk.

Puding yang sempat viral di kalangan pecinta masak ini memang memiliki penampilan dan rasa yang istimewa berkat lapisan puding mentega, cokelat, dan biskuit marie. Cocok untuk teman minum teh di sore hari. Dijadikan hantaran atau pengganti kue ulang tahun pun oke.

Berikut ini kita akan mencoba mempelajari resep puding marie tiga lapis.

1 dari 3 halaman

Resep puding marie (lapisan dasar)

Puding marie tiga lapis. ©Cookpad/tintinrayner

Lapisan pertama yang akan kita buat adalah puding marie. Dibuat dari agar-agar bening dan biskuit marie untuk menghasilkan permukaan puding yang cantik.

Bahan:

  • 650 ml air
  • 7 sendok makan gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 1 bungkus biskuit marie

Cara membuat:

  1. Campur agar-agar dan gula, kemudian tuangi air sedikit demi sedikit. Selanjutnya masak di atas kompor sambil terus diaduk sampai mendidih.
  2. Siapkan cetakan puding, kemudian tata biskuit marie di dasarnya. Tuangi puding sedikit demi sedikit dan tunggu sampai puding mengeras sebelum dituangi adonan puding mentega.

Catatan: Jika ingin biskuit marie tidak mengapung, tuang sedikit cairan puding pada cetakan. Tunggu sampai agak keras, baru tuangkan sisa puding.

2 dari 3 halaman

Resep puding mentega (lapisan kedua)

Puding marie tiga lapis. ©Cookpad/tintinrayner

Lapisan kedua yang akan dibuat adalah puding mentega. Dibuat dari agar-agar, kuning telur, dan butter berlimpah. Rasanya creamy, pas berpadu dengan puding marie yang simpel gurih dan puding cokelat.

Bahan:

  • 500 ml air
  • 5 kuning telur
  • 100 gram mentega, cairkan
  • 2 sendok teh esens vanilla (atau rhum)
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 1/2 kaleng kental manis putih
  • 6 sendok makan gula pasir

Cara membuat:

  1. Campur mentega cair yang sudah agak dingin, kuning telur, dan kental manis. Aduk dengan kawat pengocok (whisk) sampai benar-benar tercampur rata, kemudian sisihkan.
  2. Campur agar-agar dengan air dan gula, kemudian masak di atas kompor sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat dari kompor dan tuang sedikit ke adonan kuning telur. Segera kocok hingga tercampur rata, kemudian masukkan sisa agar-agar. Kocok kembali hingga tercampur rata.
  3. Tuangkan puding mentega ke atas lapisan puding marie yang sudah dibuat sebelumnya dan tunggu sampai mengeras.
3 dari 3 halaman

Resep puding cokelat (lapisan ketiga)

Puding marie tiga lapis. ©Cookpad/tintinrayner

Lapisan terakhir yang akan dibuat adalah puding cokelat. Jika sudah mengeras dan dikeluarkan dari cetakan nantinya lapisan ini akan berada di paling bawah.

Bahan:

  1. 1 agar-agar warna coklat
  2. 9 sendok makan gula pasir
  3. 3 sendok makan cokelat bubuk
  4. 650 cc air

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan, kemudian tuangi air sedikit saja. Aduk sampai tidak ada yang menggumpal, kemudian baru masukkan sisa air.
  2. Masak bahan puding cokelat di atas kompor sambil terus diaduk sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih, tuangkan puding cokelat ke atas lapisan puding mentega. Tunggu sampai seluruh lapisan mengeras, kemudian keluarkan dari cetakan.

Puding marie tiga lapis siap disajikan. Potong-potong dan sajikan bersama teh atau kopi. Boleh juga disimpan di dalam lemari es. Tetapi karena berbahan agar-agar puding seperti ini juga cepat mencair. Jadi sebaiknya segera dikonsumsi atau diberikan.

Resep disadur dari Cookpad/tintinrayner [tsr]

Baca juga:
Resep cara membuat puding coklat, buah dan susu

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini