Bisakah Kucing Makan Jajan Anak-Anak?

Rabu, 25 November 2020 07:00 Reporter : Zaki
Bisakah Kucing Makan Jajan Anak-Anak? Bisakah Kucing Makan Jajan Anak-Anak?. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat anak-anak sedang menikmati jajanan, tak jarang kucing kesayanganmu mendekati dan mulai merajuk untuk mendapatkan 1-2 snack ringan. Begitu mendapatkan apa yang diinginkan, pemilik kucing seringkali was-was apakah hal itu bisa membahayakan kesehatan hewan peliharaan? Biar tahu lebih detail, intip penjelasannya berikut ini.

Tidak Beracun bagi Kucing

bisakah kucing makan jajan anak anak
©shutterstock

Secara teknis, jajanan anak-anak mungkin tak mengandung bahan-bahan yang beracun bagi kucing. Jadi pemiliknya tak perlu terlalu panik saat kucing kedapatan mengunyah 1-2 buah, tapi sebaiknya jangan dijadikan kebiasaan, apalagi yang rasanya pedas. Selain itu, kandungannya yang tinggi lemak dan garam bisa berdampak pada berat badan kucing melonjak hingga bulu rontok.

Menolak Makanan Kucing

bisakah kucing makan jajan anak anak
©shutterstock

Terlalu sering memberi makanan manusia seperti jajanan anak-anak juga dapat membawa dampak lain. Salah satunya, kucing mulai menolak makan cat food dan memilih camilan yang dimakan manusia. Hal ini tentu dapat membawa masalah kesehatan karena kebutuhan nutrisinya sulit dipenuhi.

Hindari Bawang-Bawangan

bisakah kucing makan jajan anak anak
©shutterstock

Bawang bombay, bawang putih, bawang merah, dan daun bawang dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah merah kucing dan menyebabkan anemia. Bahkan bubuk bawang putih yang dijadikan penyedap rasa jajanan manusia pun bisa menjadi racun bagi kucing jika dikonsumsi berlebihan. Jika hewan peliharaanmu menunjukkan gejala lesu, lemas, nafsu makan berkurang, gusi pucat, dan urin berwarna jingga hingga merah tua, segera bawa ke dokter hewan.

Cokelat

bisakah kucing makan jajan anak anak
©shutterstock

Bukan hanya berakibat fatal buat anjing, cokelat yang jadi jajanan favorit anak-anak pun bisa berakibat fatal bagi kucing. Cokelat mengandung zat yang disebut methylxanthines, yang dapat menyebabkan muntah dan diare, suhu tubuh tinggi, kejang otot, irama jantung yang tidak normal, hingga gangguan pencernaan. Hindari memberikan dark chocolate yang lebih berbahaya daripada milk atau white chocolate dan bawa ke dokter hewan saat kucing mengalami gejala-gejala ini.

Susu dan Olahannya

bisakah kucing makan jajan anak anak
©shutterstock

Sebagian besar kucing hanya menerima laktosa dari susu induknya saat masih kecil selama beberapa minggu. Akibatnya, sistem pencernaannya sulit menerima laktosa dalam susu atau produk olahannya seperti keju dan akan mengalami gangguan seperti diare atau muntah.

Kesehatan kucing juga bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi. Pastikan untuk menyediakan cat food berkualitas dengan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk membantunya tetap sehat. Jangan ragu untuk memberikan Muezza yang terbuat dari bahan-bahan alami dan diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing.

bisakah kucing makan jajan anak anak
©muezza

Tersedia dalam 4 varian rasa lezat seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor, teksturnya pun mudah dilahap oleh kucing kesayangan. Bukan hanya itu saja, Muezza juga sudah bersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Jangan salah pilih cat food, berikan yang terbaik dari Muezza yang bisa dipesan di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [aki]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini