Berapa modal seorang fans K-pop? Dari koleksi album, merchandise, sampai tiket konser

Jumat, 23 Februari 2018 15:16 Sumber : Kapanlagi.com
Berapa modal seorang fans K-pop? Dari koleksi album, merchandise, sampai tiket konser Ilustrasi fans K-pop. © Kavenyou.com

Merdeka.com - Rasanya hampir semua orang memiliki idola. Ada yang kagum dengan kemampuan olah vokal atau keahlian bermain instrumen yang dimiliki seorang musisi. Tak seidkit pula yang tergila-gila kepada seorang bintang karena paras cantik dan ganteng yang mereka miliki. Selebriti yang dipuja karena kepribadiannya di depan kamera pun tak sedikit. Setidaknya itulah alasan para fans K-pop cinta mati kepada idola mereka.

Penikmat musik pasti tahu betapa berdedikasinya seorang penggemar K-Pop atau istilah lainnya militan. Mereka akan siap membela jika ada yang menghina sang idola. Mereka rela membeli barang-barang yang berhubungan dengan boyband atau girlband favorit agar bisa 'dekat' dengan idola. Konon katanya sih dengan melakukan itu semua para fans bisa mendapatkan kebahagiaan tersendiri yang tidak dimengerti oleh non-kpoppers.

Kali ini kita akan membahas tentang berapa sih kira-kira biaya menjadi seorang penggemar K-Pop. Sebelumnya mari kita klasifikasikan dulu deh tipe-tipe dari fans K-Pop ini. Secara garis besar kita bagi dulu fans K-Pop menjadi dua yaitu yang mania dan sekedar pengagum. Sekedar pengagum ini maksudnya mereka cuma mendengarkan lagu-lagu K-Pop dan menyukai secara visual, tanpa melakukan sesuatu yang membutuhkan uang.

Fans mania kita bagi dalam dua level. Level pertama adalah fansite (biasanya dari di Korea). Mereka ini mengikuti ke manapun idolanya punya aktivitas baik itu di dalam negeri (Korea) sampai lintas benua. Fansite ini sering mengambil foto-foto idola dan mengirimkan hadiah mahal untuk pujaannya. Level kedua dari mania kita sebut sebagai fans garis keras. Nah garis keras ini juga kita bagi lagi. Ada yang garis keras modal cinta dan garis keras dengan uang.

Fans garis keras modal cinta ini mencintai idolanya dengan sangat tapi terbentur biaya. Jadi mereka cuma bisa menyaksikan idolanya ini lewat layar, mengikuti update di media sosial, ikut voting agar pujaannya menjadi juara di ajang penghargaan, tapi mereka kadang merasa sedih karena tak bisa membeli album atau hadir di konser boyband/girlband favorit.

Fans garis keras dengan uang yang akan kita bahas di sini. Lewat wawancara dengan seorang penggemar yang selanjutnya disebut dengan inisial J, kita akan mencari tahu kira-kira berapa sih dana yang dikeluarkan untuk menjadi seorang penggemar K-Pop.

Kebetulan J ini adalah fangirl dari salah satu grup yang bernaung di agensi SM Entertainment. Jadi mungkin jumlah dana atau kegiatannya mungkin akan berbeda dengan fangirl/fanboy idola dari agensi lain. Tapi perbedaannya tidak akan jauh berbeda.

So inilah kira-kira dana yang dibutuhkan seorang fangirl K-Pop Indonesia untuk mendukung idolanya.

Dana koleksi album

Album bintang K-Pop itu dalam bentuk mini atau full dan selalu dilengkapi dengan photobook, sehingga bentuknya unik dan penuh dengan foto-foto para idola. Dalam setahun, satu grup bisa comeback lebih dari satu kali. Malah biasanya album full akan dilanjutkan dengan re-package (album dengan tambahan 2-4 lagu baru dan photobook berbeda).

Banyak yang beranggapan membeli album ini artinya mendukung karya para idola. Oh ya biasanya dalam album itu ada bonus satu photocard (pc). Nah kadang nih demi mengejar koleksi pc, satu fans bisa beli lebih dari satu album.

Ilustrasi album BTS © Carousell Australia


Untuk fans yang tinggal di Indonesia, tentunya membeli album Korea masih harus ditambah dengan biaya pengiriman, pajak, dan untung (kalau beli dari online shop). Satu album Korea itu rata-rata dijual kisaran harga Rp 200 ribu - Rp 270 ribu. Harga tergantung berat album. Rata-rata berat album Korea itu sekitar 500 gram.

Kalau idola kalian juga berkarir di Jepang, siap-siap saja juga membeli albumnya. Album boyband Korea yang berkarir di Jepang ini punya harga lebih mahal. Satu mini album biasanya berkisar antara Rp 300-an ribu. Kalau full album bisa sampai Rp 500 ribu. Kalau mau album yang dapat bonus DVD, harganya bisa Rp 600 ribu lebih.

Cukup sampai di situ saja? Belum. Setelah menjalani rangkaian tur dunia, sebuah grup biasanya juga merilis DVD konser mereka. Harga sebuah DVD ini bisa mencapai Rp 600 ribu lebih.

J sendiri mengaku dia hanya membeli semua album Korea yang dirilis oleh idolanya. Jadi misal dalam setahun boyband favoritnya ini merilis full album, repackage, dan mini album; maka dia akan membeli.

Pengeluaran untuk album (dalam setahun):

Full album + repackage + mini album = 3 x 250.000 = Rp 750.000 [tsr] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini