8 Perpustakaan tercantik di dunia

Selasa, 16 April 2013 12:27 Reporter : Vizcardine Audinovic
8 Perpustakaan tercantik di dunia perpustakaan terindah di dunia. ©abcnews/Benoit Doppagne.com

Merdeka.com - Perpustakaan menjadi tujuan ketika Anda membutuhkan literatur. Di tempat ini lah Anda akan mengetahui banyak sejarah dan segudang ilmu pengetahuan. Meski memiliki jutaan literatur, perpustakaan bukan hanya tempat mencari ilmu. Bangunan tersebut mempunyai nilai seni dan sejarah.

Tampilan perpustakaan berikut ini akan membuat Anda berdecak kagum. Bahkan Anda serasa ada di museum. Yuk, intip kemegahan perpustakaan terindah di dunia, dilansir abc news (14/4).

1 dari 8 halaman

Library of Congress, Washington DC

perpustakaan terindah di dunia. ©abcnews/Benoit Doppagne.com

Perpustakaan dibuka untuk umum pada tanggal 1 November 1897. Di sana menawarkan lebih dari 155 juta item. Terdapat 35 juta buku katalog dan bahan cetak lainnya dalam 460 bahasa, lebih dari 68 juta manuskrip, koleksi buku terbesar langka di Amerika Utara. Perpustakaan ini menjadi tempat yang mempunyai koleksi terbesar tentang bahan hukum, film , peta, lembaran musik dan rekaman suara di dunia.

2 dari 8 halaman

New York Public Library, New York

perpustakaan terindah di dunia. ©abcnews/Benoit Doppagne.com

Perpustakaan Umum New York merupakan salah satu bangunan ikon NYC. Dibangun di atas lokasi Waduk Croton tua, perpustakaan publik pertama New York dibuka pada tahun 1911. Bangunan ini dibangun dengan menggunakan 530.000 meter kubik marmer. Menurut situs resminya, perpustakaan ini berisi 15 juta buku, termasuk manuskrip dari 1.200 bahasa dan dialek, lebih dari 350 karya katalog oleh George Sand dan salinan paling awal dari Nican Mopohua.

3 dari 8 halaman

Salt Lake City Public Library

perpustakaan terindah di dunia. ©abcnews/Benoit Doppagne.com

Dirancang oleh arsitek Moshe Safdie, perpustakaan Salt Lake City  dibuka pada tahun 2003. Bangunan enam lantai ini memiliki sebuah auditorium dengan 300 kursi dan area membaca multi-level. Cahaya alami terpancar dari segala arah gedung. Perpustakaan tersebut menampung lebih dari 500.000 buku dan barang-barang lainnya.

4 dari 8 halaman

Geisel Library, University of California, San Diego

perpustakaan terindah di dunia. ©abcnews/Benoit Doppagne.com

Dirancang pada tahun 1960 oleh William Pereira, University of California memiliki gedung perpustakaan geometris yang bernama Geisel library  untuk menghormati Audrey dan Theodor Geisel (dikenal sebagai Dr Seuss) pada tahun 1995. Perpustakaan tersebut mempunyai lebih dari setengah juta item, termasuk buku, majalah dengan berbagai alat referensi dan sumber daya digital seperti ARTstor (gambar) dan Database Tercatat American Music (streaming audio).

5 dari 8 halaman

Seattle Central Public Library

perpustakaan terindah di dunia. ©abcnews/Benoit Doppagne.com

Setelah melalui perombakan besar-besaran, Perpustakaan Umum Pusat Seattle kembali dibuka.  Perpustakaan tersebut memiliki 11 lantai. Tampilan bangunan ini unik dan nyentrik, jika dilihat sekilas tak tampak seperti perpustakaan. Anda tertarik mengunjungi tempat itu?

6 dari 8 halaman

Trinity College Library, Dublin, Irlandia

perpustakaan terindah di dunia. ©abcnews/Benoit Doppagne.com

Perpustakaan terbesar di Irlandia, perpustakaan Trinity College kembali dibuka pada 1592. Rumah pintar ini menyimpan 5 juta item, termasuk jurnal, manuskrip, peta dan musik. Beberapa koleksi khusus meliputi Koleksi Ussher dan Koleksi Fagel. Perpustakaan juga memiliki naskah kitab kells.

7 dari 8 halaman

Abbey Library, St Gallen, Swiss

perpustakaan terindah di dunia. ©abcnews/Benoit Doppagne.com

Perpustakaan ini adalah yang tertua di Swiss. Perpustakaan Abbey adalah rumah bagi sekitar 170.000 buku dan bahan-bahan lainnya. Salah satu fitur unik dari perpustakaan adalah koleksi naskah dari awal Abad Pertengahan sampai 1805.

8 dari 8 halaman

Vatican Library, Vatikan

perpustakaan terindah di dunia. ©abcnews/Benoit Doppagne.com

Perpustakaan Vatikan menyimpan lebih dari 180.000 manuskrip , 1.6 juta buku, 8.600 incunabula ( istilah yang digunakan oleh kolektor buku Inggris untuk menjelaskan buku-buku yang dicetak pertama kali pada abad ke 15), 300.000 koin dan medali, 150.000 lukisan dan 150.000 foto. Namun tidak semua orang bisa melihat koleksi tersebut. Pengunjung yang bisa menyaksikan koleksi ini adalah peneliti, akademisi, guru dan mahasiswa pascasarjana.

Seandainya ada perpustakaan seperti tadi di Indonesia, apakah Anda bakal rajin mengunjunginya?

[vic]

Topik berita Terkait:
  1. Top List
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini