6 Fakta unik dan seru tentang Coachella Festival

Jumat, 4 Januari 2019 14:05 Reporter : Tantri Setyorini
6 Fakta unik dan seru tentang Coachella Festival Coachella Festival. ©Instagram/coachella

Merdeka.com - Coachella menjadi salah satu festival musik paling ditunggu setiap tahunnya. Penyelenggara acara musik bergengsi ini baru saja mengumumkan deretan musisi yang bakal tampil untuk acara. Ariana Grande, Childish Gambino, Zedd, dan Tame Impala dipastikan bakal mengisi acara yang digelar 12-14 April nanti.

Selain nama-nama yang sudah disebutkan masih banyak lagi musisi keren yang bakal tampil di Coachella. Tetapi sebelum menengok line-up pengisi acara, tak ada salahnya mengetahui lebih dalam soal Coachella.

Berikut ini kami sajikan beberapa fakta unik tentang Coachella.

1. Nama resminya Coachella Valley Music and Arts Festival

Coachella Festival ©Instagram/coachella


Kamu tak salah kalau mengira Coachella adalah nama venue tempat festival musik diadakan. Sebenarnya acara ini bertajuk Coachella Valley Music and Arts Festival. Setiap tahun diadakan di Empire Polo Club, Indio, Amerika Serikat. Tempat ini berlokasi di Coachella Valley, Colorado.

2. Salah satu festival musik dan seni terbesar di dunia

Coachella Festival ©Instagram/coachella


Coachella adalah salah satu festival musik dan seni paling besar, paling terkenal, dan paling menguntungkan di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Coachella menetapkan rekor baru untuk jumlah pengunjung dan pendapatan kotor dari 2013 hingga 2015. Pada tahun 2017, festival dihadiri oleh 250.000 orang dan meraup pendapatan hingga $114,6 juta.

3. Gara-gara konser Pearl Jam

Coachella Festival ©Instagram/coachella


Coachella merupakan buah pikiran Paul Tollett dan Rick Van Santen pada tahun 1999. Asal usul festival ini adalah konser yang dilakukan Pearl Jam pada tahun 1993. Konser diadakan di Empire Polo Club sambil memboikot tempat-tempat yang dikendalikan oleh Ticketmaster.

4. Musik tanpa henti dari seniman berbagai genre

Coachella Festival ©Instagram/coachella


Coachella menampilkan musisi dan seniman dari berbagai aliran termasuk rock, indie, hip hop, dan EDM. Dari penyanyi baru yang sedang naik daun sampai reuni grup lawas. Dari seniman musik sampai seniman pahat, semuanya ada.

Di lokasi penyelenggara mendirikan beberapa panggung yang akan menyajikan pertunjukan musik tanpa henti. Panggung utamanya adalah Coachella Stage, Outdoor Theatre, Gobi Tent, Mojave Tent, dan Sahara Tent.

5. Akomodasi glamping buat para pengunjung

Coachella Festival ©Instagram/coachella


Sejak tahun 2003, Coachella mulai memperkenalkan kemping di tenda buat akomodasi para pengunjung. Situs perkemahan berada di lapangan polo yang berdekatan dengan lapangan tempat festival diadakan. Berupa ribuan teepee, tenda ala Indian yang dilengkapi fasilitas nyaman, termasuk kamar mandi, stasiun pengisian daya ponsel, dan kafe internet dengan WiFi gratis.

6. Festival yang peduli lingkungan

Coachella Festival ©Instagram/coachella


Coachella memperkenalkan Global Inheritance's TRASHed: Art of Recycling di mana para seniman dari seluruh Amerika Serikat diminta untuk merancang tempat sampah daur ulang yang ditempatkan di venue.

Penyelanggara juga memastikan jejak karbon selama acara dikelola dengan bijak. Mereka bekerjasama dengan Global Inheritance untuk membuat berbagai program yang intinya mengajak peserta acara untuk aktif dalam kegiatan daur ulang.

Sekitar 600 staf diminta untuk mengumpulkan sampah yang menumpuk selama festival. Sampah disortir satu per satu di lokasi sebelum dibawa ke tempat pembuangan sampah lokal dan pusat daur ulang.

Itulah beberapa hal menarik tentang Coachella yang perlu kamu ketahui. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini