5 Perawatan rutin untuk mencegah jerawat

Kamis, 3 Januari 2013 14:26 Reporter : Destriyana
Ilustrasi wajah cantik. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/aslysun

Merdeka.com - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang dialami, baik wanita maupun pria. Masalah ini juga sering dialami remaja yang sedang pubertas. Untuk itu, Anda perlu menerapkan beberapa teknik perawatan rutin untuk mencegah munculnya jerawat. Penasaran? Yuk simak tips cantik dari Boldsky!

1. Membersihkan wajah dua kali sehari

Bagi Anda yang rentan terhadap masalah kulit, terutama jerawat, Anda harus membersihkan kulit dua kali setiap hari. Kulit sering terkena kotoran, polusi dan juga mengeluarkan minyak. Itulah yang pada akhirnya memicu timbulnya jerawat, jika tidak dibersihkan dengan baik.

2. Lakukan pengelupasan

Pengelupasan merupakan salah satu perawatan kulit rutin yang harus Anda lakukan setiap hari untuk menyembuhkan jerawat. Pengelupasan kulit menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati, mengurangi pembentukan jerawat, dan melembutkan kulit.

Berita terkait: Kenali 6 penyebab jerawat semakin parah!

3. Toning

Membiarkan riasan tetap menempel pada kulit bisa menyebabkan jerawat lho. Teteskan toner pada kapas dan usapkan perlahan ke wajah. Ini dapat menghilangkan kotoran, keringat dan sisa riasan yang masih melekat di wajah. Pastikan Anda memilih toner wajah yang bebas alkohol karena dapat membuat kulit jadi kering dan gatal.

4. Jangan memencet jerawat

Memencet jerawat dapat memicu munculnya lebih banyak jerawat. Tahukah Anda bahwa nanah dari jerawat bisa mendorong timbulnya jerawat baru. Jika Anda tetap tak tahan untuk memencetnya, segera bersihkan nanah yang keluar dengan kapas. Kemudian basuh wajah Anda dengan air dingin.

5. Memakai lemon

Lemon merupakan bahan alami yang dapat membantu menyingkirkan jerawat. Anda dapat menggosokkan sepotong lemon pada wajah dua atau tiga kali dalam seminggu.

Perawatan sederhana ini bisa menyembuhkan jerawat, menghilangkan kulit mati, mengurangi bekas jerawat dan jerawat pada wajah. Namun, lemon dapat membuat kulit jadi kering. Jadi, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap segera setelah membersihkan kulit dengan lemon.

Ini adalah tips perawatan kulit agar Anda terhindar dari masalah jerawat. Selamat mencoba! [des]

Topik berita Terkait:
  1. Wanita Merdeka
  2. Tips Cantik
  3. Top List
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.