5 Kelebihan Pakis sebagai Tanaman Hias Indoor

Kamis, 28 Januari 2021 16:33 Reporter : Tantri Setyorini
5 Kelebihan Pakis sebagai Tanaman Hias Indoor Ilustrasi pakis gunung. ©Unsplash/Sarah Brown

Merdeka.com - Belakangan ini tanaman hias daun tengah populer. Beberapa yang banyak dicari adalah monstera, aglonema, lidah mertua, dan croton (puring). Selain empat yang sudah disebutkan di atas, masih ada pakis yang sudah digunakan sebagai elemen dekorasi interior selama bertahun-tahun.

Meskipun kini sedang kalah pamor, sebenarnya pakis layak menjadi koleksi tanaman hias Anda. Bukan hanya tampak indah di pot, tanaman ini juga banyak manfaatnya.

Apa saja kelebihan pakis sebagai tanaman hias? Berikut ini beberapa di antaranya seperti dilansir Rolling Plants.

1. Perawatan Mudah

ilustrasi pakis
©Unsplash/Andy Crone

Setidaknya ada delapan jenis pakis hias yang bisa ditanam di dalam ruangan. Beberapa di antaranya adalah pakis Boston, pakis haji, pakis cinnamon, dan suplir. Semuanya tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Pakis dapat beradaptasi dengan baik dengan lingkungan sekitarnya. Tanaman ini bisa tumbuh di tempat teduh atau terik matahari jika disiram dengan baik. Anda hanya perlu memberinya pupuk setahun sekali.

2 dari 3 halaman

2. Mampu Membersihkan Udara di Ruangan

ilustrasi pakis

©Unsplash/Unknown Wong

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh NASA, pakis termasuk salah satu tanaman pemurni udara terbaik. Pakis mampu membersihkan jejak-jejak formaldehida dari udara. Tanpa formaldehida, kualitas tidur bisa menjadi lebih baik. Pasalnya formaldehida bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan sakit kepala jika terhirup oleh manusia.

3. Menjaga Kelembapan Udara

Masih menurut hasil penelitian NASA, pakis juga berperan sebagai humidifier. Tanaman ini akan menjaga kelembapan di dalam ruangan agar tidak pengap.

Menempatkan pakis di dalam ruangan bagus untuk mereka yang bermasalah dengan kulit kering atau saat cuaca sedang tidak bersahabat.

3 dari 3 halaman

4. Berumur Panjang

ilustrasi pakis
©Unsplash/Angelica Reyes

Kelebihan pakis yang lain adalah umurnya yang panjang. Jika dirawat dengan baik, tanaman pakis bisa hidup sangat lama dan menjaga kebersihan udara di dalam ruangan hingga bertahun-tahun lamanya.

5. Mudah Dibiakkan

Pakis juga termasuk tanaman hias yang mudah dibiakkan. Anda bisa menebar sporanya di media tanam kompos dan lempung yang diayak halus untuk mendapatkan tanaman anakan. Biasanya hasil yang didapatkan cukup banyak. Selain itu, pakis juga bisa dibiakkan dengan memotong-motong rimpang tanaman induk dan menanamnya di media tanam yang sama.

Demikian berbagai kelebihan pakis sebagai tanaman hias indoor. Tertarik untuk memeliharanya?

Baca juga:

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tanaman Hias
  3. Ragam Konten
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini