5 Kebiasaan styling ini bikin rambut rusak

Selasa, 17 Maret 2015 16:33 Reporter : Kun Sila Ananda
5 Kebiasaan styling ini bikin rambut rusak Ilustrasi meluruskan rambut. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Kiselev Andrey Valerevich

Merdeka.com - Sebagai mahkota wanita, rambut tak hanya dirawat kesehatannya tetapi juga di-styling agar terlihat rapi dan semakin cantik. Di era yang modern ini, seringkali wanita tak punya waktu untuk melakukan perawatan dan memilih untuk menata rambut dengan cara yang mudah dan cepat.

Jika Anda termasuk salah satu yang suka melakukan styling kilat pada rambut, sebaiknya waspadalah agar penataan rambut yang dilakukan tidak merusak keindahan rambut Anda. Berikut adalah beberapa kebiasaan styling yang bisa membuat rambut rusak, seperti dilansir oleh Women's Health Mag (16/02).

1. Terlalu sering gunakan dry shampoo

Terlalu sering keramas bisa merusak rambut. Karena itu saat ini ada yang namanya dry shampoo, yaitu shampoo berbentuk bubuk yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan rambut tanpa harus keramas. Dry shampoo adalah cara yang cepat dan efektif untuk menata rambut, namun terlalu sering menggunakannya juga tidak baik. Dry shampoo membuat kulit kepala sulit bernapas dan zat kimia di dalamnya pun bisa menumpuk di kepala Anda.

2. Hairdryer terlalu panas

Semakin panas hairdryer semakin cepat pula rambut Anda kering, bukan? Ini memang benar, namun perhatikan juga kesehatan rambut Anda ketika melakukannya. Menggunakan hairdryer yang terlalu panas bisa membakar kulit kepala. Selain itu, hairdryer yang terlalu panas bisa mengeringkan minyak alami pada kepala dan menyebabkan rambut kering. Jika kebiasaan ini diteruskan bisa menyebabkan rambut bercabang dan patah.

3. Menata rambut yang masih lembap atau basah

Banyak wanita tak sabar menunggu rambut kering ketika mereka akan meluruskan atau mengeritingnya. Namun sebaiknya tunggu sampai rambut benar-benar kering jika tak ingin rambut rusak. Meluruskan atau mengeriting rambut yang masih lembap dan basah bisa menyebabkan kulit kepala terbakar. Ini juga membuat rambut lebih cepat kusut dan rusak.

4. Terlalu banyak menggunakan alat pelurus rambut

Ketika meluruskan rambut, jangan menggosok alat pelurus rambut berkali-kali pada rambut Anda. Ini bisa menyebabkan rambut terbakar, patah, dan kering. Perlakukan rambut Anda seperti kain yang sangat lembut ketika meluruskan rambut. Jangan menekan pelurus rambut dengan keras dan berkali-kali jika tak ingin rambut rusak.

5. Mengikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut dengan gaya ekor kuda memang salah satu gaya rambut yang terlihat rapi dan bersih. Namun sebaiknya jangan mengikat rambut terlalu kencang ketika melakukannya. Kuncir yang terlalu kencang akan membuat rambut mudah tercabut dari akar atau patah di tengah-tengah.

Itulah beberapa kebiasaan styling yang bisa merusak kesehatan rambut. Jika Anda sering melakukan kebiasaan di atas, sebaiknya kurangi sekarang juga. Atau kamu bisa belajar trik sederhana agar rambut tetap sehat meskipun sering di-styling. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini