5 Fakta mengejutkan tentang ketombe

Reporter : Kun Sila Ananda | Kamis, 28 Juni 2012 11:04
5 Fakta mengejutkan tentang ketombe
Ilustrasi rambut wanita. 2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Apa Anda sering mendapati serpihan-serpihan putih di bagian bahu pakaian Anda? Bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda harus segera mencoba sampo anti ketombe. Sebelum memutuskan cara yang tepat untuk menghilangkan ketombe, ada baiknya Anda menyimak lima fakta mengejutkan tentang ketombe seperti dikutip dari Daily Glow berikut ini.

Cara Irit Pererat Pertemanan dengan Jalan-Jalan

1. Ketombe tidak disebabkan oleh kulit kepala kering
Jika kulit tubuh Anda kering dan terlihat pecah-pecah, Anda mungkin berencana untuk memberinya pelembab. Namun, hal ini tak berlaku untuk kulit kepala yang berketombe. Biasanya, ketombe justru disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu berminyak. Jessica Wu, seorang dermatolog dari Los Angeles menjelaskan kesalahpahaman ini, di mana banyak orang yang mengira ketombe adalah akibat dari kulit kepala yang kering. Padahal faktanya, ketombe mulai muncul ketika kulit kepala mengandung banyak minyak dan menyebabkan kulit mati di kepala lebih mudah terkelupas.

2. Anda harus lebih sering keramas
Umumnya dermatolog tak akan menyarankan Anda untuk keramas setiap hari, karena hal ini akan menghilangkan minyak alami rambut dan membuat kulit kepala iritasi. Namun untuk urusan ketombe, lain lagi ceritanya. Jarang keramas hanya akan membuat ketombe semakin merajalela di kepala Anda. Anda perlu membersihkan semua jamur dan minyak penyebab ketombe setiap hari untuk mencegah hal itu terjadi. Gunakan sampo khusus anti ketombe, serta kondisioner anti ketombe jika dibutuhkan.

3. Kulit kepala gatal belum tentu karena ketombe
Jika Anda tidak melihat adanya perkembangan setelah menggunakan sampo anti ketombe dan keramas setiap hari, maka kemungkinan besar gatal yang Anda rasakan bukan disebabkan oleh ketombe. Bisa jadi rasa gatal itu merupakan reaksi alergi atau peradangan kulit. Jika ini yang terjadi pada Anda, sebaiknya segera minta bantuan pada ahli kulit. Karena sampo anti ketombe terbaik pun belum tentu bisa mengatasinya.

4. Ketombe juga bisa muncul pada kulit tubuh dan wajah
Serpihan putih yang biasa disebut ketombe tak hanya bisa muncul di kulit kepala, tetapi juga di tempat lain, seperti alis mata, telinga, hidung, atau tempat lain di mana kulit tubuh menghasilkan banyak minyak. Jika Anda mengalaminya, gunakan saja sampo anti ketombe pada bagian-bagian itu saat Anda keramas.

5. Ketombe bisa dihilangkan, namun tak bisa dikontrol
Sayangnya, rambut yang mudah berketombe rentan terkena ketombe lagi meski telah berhasil dihilangkan. Namun, tentu Anda tak perlu menunggu hingga ketombe datang dan datang kembali untuk mengatasinya. Anda bisa mencegah datangnya ketombe dengan banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung seng (zinc) dan vitamin B. Hindari juga makanan berlemak jenuh yang memungkinkan tubuh Anda memproduksi minyak berlebih.

Ketombe mungkin menjadi masalah yang tak terelakkan bagi banyak orang. Tetapi jangan putus asa dulu. Dengan melakukan perawatan yang benar dan memiliki produk perawatan rambut yang tepat, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada ketombe untuk selamanya.

[kun]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE