4 Trik untuk bangun hubungan harmonis dengan calon ayah mertua

Senin, 22 Agustus 2016 11:05 Reporter : Aulia Fitriasari
4 Trik untuk bangun hubungan harmonis dengan calon ayah mertua Ilustrasi ayah mertua. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/wavebreakmedia

Merdeka.com - Rasa gugup saat bertemu dengan calon mertua merupakan hal yang wajar. Setiap orangtua pasti akan menilai apakah Anda adalah orang yang tepat untuk disandingkan dengan anaknya. Terkadang pengalaman tersebut akan membuat beberapa orang tidak nyaman.

Apalagi jika Anda dalam masa persiapan pesta pernikahan, maka intensitas pertemuan tentu akan meningkat. Atasi ketegangan ini dengan beberapa tips jitu berikut.

Tunjukkan penghargaan

Ia adalah calon ayah mertua Anda, artinya ia berhak untuk Anda hargai. Kecocokan Anda dan calon mertua merupakan hal yang penting. Hormati ia seperti orangtua sendiri.

Tunjukan bahwa Anda sangat menghargainya dan perlakukan ia dengan sopan santun dan tata krama yang baik. Sikap ini tentu akan mendapatkan nilai lebih di matanya.

Bicarakan dengan pasangan

Setiap orang dibesarkan dengan cara yang berbeda-beda. Jika Anda menemukan ketidakcocokan dengan calon ayah mertua, maka itu adalah hal yang wajar. Hindari kritik langsung pada calon ayah mertua karena ini hanya akan membuat keadaan semakin buruk.

Jika Anda yang ingin Anda sampaikan, lebih baik bicarakan terlebih dahulu pada pasangan. Ceritakan tentang apa yang Anda rasakan, pastikan ia mengerti dengan semua masalah yang Anda hadapi. Sebagai anaknya, pasangan Anda pasti sudah sangat mengerti cara terbaik untuk menghadapi orangtua.

Ambil hati ibu mertua

Satu senjata terkuat dalam situasi ini adalah ibu mertua. Jika ia menyukai Anda, maka ayah mertua Anda juga tidak akan terlalu berpikir panjang. Libatkan calon ibu mertua dalam beberapa persiapan pernikahan agar Anda bisa menjalin hubungan lebih dekat seperti saat survei venue pernikahan atau memilih busana pengantin. Tapi jangan terlalu mengambil hatinya secara berlebihan.

Jaga sikap dan berikan pujian secukupnya. Bahkan jika ayah mertua Anda bersikap galak pada Anda, dengan mengambil hati sang ibu mertua Anda setidaknya bisa mendapatkan peluang yang lebih baik di masa depan.

Pelajari karakternya

Cara terbaik untuk membuatnya nyaman di sekitar Anda adalah dengan bertanya sebanyak-banyaknya pada pasangan Anda, tentang kepribadiannya. Kumpulkan informasi tentang semua yang ia sukai.

Apakah calon ayah mertua Anda memiliki hobi olahraga atau ketertarikan lain yang sama dengan Anda. Jika ada kesamaan, maka pergunakan hal ini untuk memulai hubungan yang lebih erat.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin membangun hubungan yang harmonis dengan calon ayah mertua. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini