Turis Prancis Tewas Saat Selfie di Air Terjun di Thailand

Jumat, 15 November 2019 17:53 Reporter : Hari Ariyanti
Turis Prancis Tewas Saat Selfie di Air Terjun di Thailand Ilustrasi selfie. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Ljupco Smokovski

Merdeka.com - Seorang turis asal Prancis tewas setelah jatuh dari air terjun saat selfie di Thailand, kata polisi pada Jumat (15/11). Insiden ini terjadi Kamis sore di pulau tropis Koh Samui, yang memiliki pantai berpasir putih dan merupakan magnet bagi para backpacker dan turis kelas atas.

Pria 33 tahun itu jatuh dari air terjun Na Mueang, titik yang sama dimana turis Spanyol juga tewas pada Juli lalu. Demikian disampaikan Letnan Phuvadol Viriyavarangkul.

"Butuh beberapa jam untuk mengevakuasi jasadnya karena air terjun itu licin dan curam," ujarnya dihubungi lewat telepon, dilansir dari laman Alarabiya, Jumat (15/11).

Viriyavarangkul menambahkan, ada tanda peringatan bahaya yang dipasang di sekitar air terjun.

"Kawannya mengatakan dia mencoba berfoto selfie dan kemudian tergelincir dan jatuh," ujarnya.

Thailand dikenal luas sebagai destinasi wisata yang aman untuk wisatawan dan angka kunjungan mencapai 35 juta setiap tahun. Industri pariwisata mengalami penurunan pada 2018 setelah sebuah feri yang membawa wisatawan China di selatan negara itu tenggelam tahun lalu, menewaskan 47 orang.

Kecelakaan itu menyoroti lemahnya aturan keselamatan di sektor pariwisata dan pihak berwenang telah berjuang untuk memulihkan citra negara sejak saat itu.

1 dari 1 halaman

Selfie Maut

Banyak kejadian selfie yang berujung maut. Pada Oktober tahun lalu, peristiwa mengenaskan akibat selfie juga terjadi di Panama City, Florida, Amerika Serikat.

Sandra Manuela Da Costa Macedo tewas setelah terjatuh dari lantai 27 sebuah gedung. Menurut penuturan saksi, Sandra terjatuh saat sedang berupaya mengambil foto selfie. Nahasnya, peristiwa tersebut berhasil terekam oleh seorang pekerja konstruksi di seberang gedung tempat Sandra terjatuh.

Bahkan, video detik-detik terjatuhnya wanita berumur 44 tahun ini beredar di internet. Berdasarkan penuturannya, dia mengambil video tersebut karena takut Sandra akan terjatuh.

Saksi lain mengungkap, saat terjatuh perempuan asal Portugal tersebut masih memegang tongkat selfie-nya. Polisi setempat memperkirakan Sandra terjatuh karena terpaan angin. Dia tak bisa menjaga keseimbangannya saat terkena embusan angin yang cukup kencang usai mengambil beberapa foto di balkon.

Sebelum peristiwa itu terjadi, sejumlah pekerja konstruksi sudah memperingatkan Sandra untuk berhati-hati. Namun, dia kemungkinan tidak mendengar hingga memutuskan duduk di pinggir balkon sebelum akhirnya terjatuh.

Usai peristiwa tragis tersebut, pemadam kebakaran Panama City langsung mengeluarkan imbauan di Twitter agar seseorang lebih berhati-hati saat ingin mengambil foto selfie.

"Jangan membahayakan dirimu untuk sekadar selfie. Lebih penting kehilangan beberapa menit dari hidupmu ketimbang kehilangan hidup dalam hitungan menit," tulis imbauan itu, dilansir dari Metro, Jumat (19/10/2018). [pan]

Baca juga:
Melihat Festival Loy Krathong, Ritual Menghanyutkan Kesialan di Thailand
Penembakan di Ruang Sidang, Tiga Orang Tewas di Thailand
Pesawat Seberat 7 Ton Buatan Indonesia Kembali Mengudara di Thailand
KTT ASEAN ke-35 di Bangkok, Jokowi Mendapat Jersey Nomor 21 dari FIFA
Sungai Terbesar di Asia Tenggara Dilanda Kekeringan Parah

Topik berita Terkait:
  1. Thailand
  2. Selfie Maut
  3. Turis
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini