Tentara AS Dilaporkan Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri ISIS di Suriah

Rabu, 16 Januari 2019 21:13 Reporter : Pandasurya Wijaya
Tentara AS Dilaporkan Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri ISIS di Suriah patroli pasukan AS di manbij suriah. ©AFP

Merdeka.com - Serangan bom bunuh diri di Provinsi Manbij, Suriah, hari ini menewaskan sedikitnya 14 orang, termasuk dua tentara Amerika Serikat.

Laporan itu Reuters itu mengutip sumber Pemantau Hak Asasi Suriah (SOHR) yang bermarks di Inggris. SOHR sebelumnya mengatakan tujuh warga sipil tewas dan sepuluh lainnya luka ketika sebuah bom mobil meledak di sebuah restoran.

Situs kelompok militan ISIS, Amaq, mengatakan seorang penyerang dilengkapi rompi bom bunuh diri melancarkan serangan kepada pasukan patroli asing.

Laman Ahval News, melaporkan, Rabu (16/1), menurut sumber lokal, tentara AS dan anggota Dewan Militer Manbij dari Kurdi tengah mengadakan pertemuan di restoran itu. Sejumlah sumber lain menyatakan dua sampai lima tentara AS tewas dalam serangan itu.

Vladimir van Wilgenburg, jurnalis lepas yang juga kontributor Ahval menyatakan dalam akun Twitternya, sebuah akun lain yang dikelola pemerintah TUrki merinci serangan terhadap tentara AS itu, termasuk di restoran.

Tentara AS dilaporkan kerap mengunjungi restoran itu saban Minggu dan Rabu.
Wartawan lokal mengatakan, helikopter AS terlihat mendekat ke lokasi untuk mengevakuasi tentara AS.

Koresponden kantor berita Hawar News mengatakan ledakan itu terjadi di restoran Qasir al-Umara di Jalan Sundus.

Sumber mengatakan kepada koresponden di Manbij, dua tentara AS termasuk di antara empat tentara AS yang tewas karena ledakan. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini