Temukan Paket Diduga Bom, Polisi Selandia Baru Tangkap Seorang Pria

Selasa, 30 April 2019 18:10 Reporter : Hari Ariyanti
Temukan Paket Diduga Bom, Polisi Selandia Baru Tangkap Seorang Pria Polisi Selandia Baru berjaga di Christchurch. ©2019 REUTERS

Merdeka.com - Polisi Selandia Baru menemukan paket diduga berisi bom dan amunisi di sebuah lahan kosong di Christchurch, Selasa (30/4). Christchurch adalah lokasi penembakan teroris di dua masjid yang menewaskan 50 jemaah pada 15 Maret lalu.

Polisi menutup jalan-jalan di kawasan Phillipstown pada Selasa sore, tepat di luar kawasan pusat bisnis dan menjaga rumah di kawasan tersebut. Tak lama setelah pukul 18.00 waktu setempat, polisi menyampaikan satu regu pasukan militer penjinak bom militer telah mengamankan paket mencurigakan tersebut dan seorang pria berusia 33 tahun ditangkap dalam rangka membantu polisi melakukan penyelidikan.

"Polisi telah menemukan paket yang diduga berisi alat peledak dan amunisi di lahan kosong di Newcastle Street di Christchurch," kata Inspektur John Price dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Straits Times, Selasa (30/4).

"Tim NZDF EOD (NZ Defense Force Explosive Ordnance Disposal) telah mengamankan paket tersebut," lanjutnya. Namun Price tidak menerangkan latar belakang apa pun tentang pria itu atau motifnya.

Christchurch masih dalam tahap waspada setelah serangan teroris Maret lalu di mana seorang supremasi kulit putih menembak mati 50 orang dan melukai 39 lainnya dalam serangan terhadap dua masjid.

Pekan lalu, kota South Island menyelenggarakan operasi keamanan besar-besaran ketika Pangeran William mengunjungi para korban selamat dalam aksi teroris itu dan memuji respons pemerintah Selandia Baru atas insiden mematikan tersebut.

Sementara penjagaan aparat keamanan telah dicabut, Price mendesak warga setempat agar tetap waspada.

"Anggota masyarakat diminta untuk terus melaporkan perilaku atau aktivitas apa pun di lingkungan mereka karena kami semua bekerja bersama untuk memastikan keamanan masyarakat kami," jelas Price. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini