Petakan potensi WNI di luar negeri, Kemlu terbitkan kartu Diaspora

Rabu, 12 Agustus 2015 14:43 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Petakan potensi WNI di luar negeri, Kemlu terbitkan kartu Diaspora Jusuf Kalla di Kongres Diaspora Indonesia. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Kementerian Luar Negeri akan menerbitkan kartu Diaspora untuk menyatukan para diaspora Indonesia. Fungsinya sebagai basis data dan memetakan potensi diaspora.

Menteri Luar Negeri Indonesia mengatakan kartu diaspora tersebut untuk memudahkan pemerintah Indonesia mengetahui potensi para diaspora sesuai dengan kemampuannya.

"Kami (Kemlu) akan menerbitkan kartu diaspora yang berfungsi sebagai data base juga memetakan potensi diaspora," ujar Menlu Retno dalam pidato pembukaan Kongres Diaspora ke-3 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (12/8).

Menlu juga mengatakan, kartu diaspora ini nantinya akan mempermudah pemerintah Indonesia untuk mengetahui dengan pasti jumlah diaspora Indonesia.

"Kalau sekarang kita ditanya ada berapa sih diaspora Indonesia di luar negeri, kita pasti menjawab dengan perkiraan, namun dengan kartu ini nantinya akan memastikan jumlah diaspora kita," lanjut dia.

Penerbitan kartu diaspora sendiri akan dilakukan secepatnya, namun belum ada waktu pasti.

Diaspora sendiri merupakan orang atau warga negara Indonesia maupun keturunan Indonesia yang mencintai Indonesia dan terlibat memberikan peluang bagi Indonesia lebih maju di mata dunia. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini