Pengusaha Dunia Paling Tajir Masuk Dunia Politik

Kamis, 29 November 2018 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Pengusaha Dunia Paling Tajir Masuk Dunia Politik Pengusaha Jack Ma Alibaba. ©Reuters

Merdeka.com - Pengusaha-pengusaha sukses sudah banyak yang terjun ke dunia politik. Menurut salah satu dari mereka, politik dan bisnis akan selalu berdampingan. Seperti Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Sebelum menjadi orang nomor satu di AS, ia adalah seorang pengusaha dengan berbagai bisnis, seperti pemilik gedung perkantoran, hotel, kasino, lapangan golf, dan fasilitas bermerek lainnya di seluruh dunia.

Tak hanya Trump, masih banyak lagi pengusaha-pengusaha lainnya yang ikut terjun ke dunia politik. Berikut pengusaha dunia tajir yang masuk ke dunia politik:

1 dari 4 halaman

Michael Bloomberg

Michael Bloomberg . ©2012 Merdeka.com

Michael Bloomberg mengawali karirnya sebagai bankir investasi di Wall Street. setelah 15 tahun 15 tahun bekerja, dia dipecat. Untuk menaikkan pendapatan hidupnya, ia mendirikan informasi keuangan di perusahaan media Bloomberg LP pada tahun 1981. Ia juga seorang multi-miliarder dan wali kota di New York City dari 2002 sampai 2014. Michael termasuk dalam mitra umum di Salomon Brothers sebelum mendirikan perusahaan layanan perangkat lunak finansial tahun 1981.

Michael Bloomberg mendaftarkan dirinya menjadi anggota Partai Demokrat selama beberapa tahun. Pada 2001, ia pindah ke Partai Republik. Dari partai itulah, ia menjadi wali kota di New York. Ia dipilih kembali pada tahun 2005. Pada tanggal 19 Juni 2007 Michael Bloomberg meninggalkan Partai Republikan sebagai calon independen. Kini Bloomberg sering disebutkan sebagai calon independen dalam PilPres 2008.

2 dari 4 halaman

Silvio Berlusconi

Silvio Berlusconi. telegraph.co.uk

Pemilik sebuah perusahaan media Italia ini juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Italia selama tiga periode, periode pertama pada 1994 sampai 1995, kedua pada 2001 sampai 2005, dan terakhir 2008 sampai 2011. Meskipun begitu, Berlusconi pernah tersandung kasus tuduhan korupsi dan penyuapan. Dia juga dituduh skandal seks dengan model remaja.

Perusahaan Berlusconi saat ini, Mediaset, terdiri dari tiga stasiun televisi nasional yang ditonton 45 persen penonton TV Italia. Berlusconi juga memiliki Il Giornale, surat kabar besar dan majalah berita Panorama'. Dia juga punya bisnis real estat dan konstruksi, bahkan memiliki tim sepakbola AC Milan.

3 dari 4 halaman

Saaduddin Rafiq Al-Hariri

Saad Hariri. ©AFP/ANWAR AMRO

Sa'aduddin Rafiq Al-Hariri atau biasa disapa Saad Hariri, merupakan seorang politisi dan mantan Perdana Menteri Lebanon sejak 9 November 2009. Ia merupakan putra kedua dari mantan Perdana Menteri Lebanon, Rafic Hariri.

Hariri juga mewarisi saham di Saudi Oger, sebuah perusahaan konstruksi yang dibangun ayahnya. Perusahaan ini menjadi salah satu yang terbesar di Arab Saudi. Saudi Oger dikabarkan menutup operasi pada Juli 2017.

Melalui Oger Telecom, Hariri memiliki saham di Turk Telekom, perusahaan telekomunikasi milik negara, yang sebelumnya milik Turki.

4 dari 4 halaman

Jack Ma

Jack Ma Alibaba. ©Reuters

Pendiri Alibaba Group ini resmi diterima sebagai anggota partai berkuasa di China. Pemerintah China menilai Jack Ma sebagai seorang pemimpin bisnis yang memiliki kontribusi besar terhadap pembangunan nasional. Bahkan, dia masuk ke dalam daftar 100 orang yang dihormati secara resmi oleh Komite Pusat, di mana akan resmi diumumkan ke publik dalam perayaan 40 tahun reformasi ekonomi, awal bulan depan.

Pria kelahiran Hangzhou itu mengatakan pada September lalu, bahwa dia menyerahkan peran pemimpin eksekutif Alibaba kepada CEO Daniel Zhang.

Meskipun begitu, Jack Ma mengaku tetap mendukung pemerintahan Presiden China Xi Jinping. "Saya cinta negara saya, biarkan saya dan Anda bekerja sesuai dengan keahlian masing-masing demi kemajuan bangsa," ujar Ma. [has]

Baca juga:
Bos Alibaba Jack Ma Akui Gabung Partai Komunis China
Jack Ma Jadi Anggota Partai Komunis Tiongkok
Menengok perang miliuner termahal sepanjang sejarah di Pemilu AS
Deretan keluarga petinggi negara dan eks pejabat yang doyan pesta gila-gilaan
Wanita ini nekat telanjang dada di hadapan mantan PM Italia
Sedang mencoblos, eks PM Italia diadang wanita bertelanjang dada

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini