Pejabat Kemenlu China Tuding Militer Amerika Bawa Virus Corona ke Wuhan

Minggu, 15 Maret 2020 05:34 Reporter : Merdeka
Pejabat Kemenlu China Tuding Militer Amerika Bawa Virus Corona ke Wuhan Kasus corona di Korea Selatan. ©2020 AFP Photo/Jung Yeon-je

Merdeka.com - Seorang pejabat Kemenlu China menuding ada konspirasi Amerika di balik pandemik virus Corona Covid-19 yang muncul di Kota Wuhan. Militer Amerika disebut yang pertama kali membawa virus tersebut ke kota Wuhan.

Awalnya, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian mempublikasikan ulang video, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS Robert Redfield. Dalam video itu, Redfield bicara kepada komite Kongres AS tentang corona pada 11 Maret.

Dalam klip itu, Redfield mengatakan beberapa kematian akibat influenza di AS kemudian diidentifikasi sebagai kasus Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru berasal dari China.

Zhao mengkritik, Redfield yang tidak mengatakan kapan orang-orang itu meninggal atau selama periode kapan. Hal itu dijadikan landasan Zhao sebagai tuduhan konspirasi bahwa virus corona tidak berasal di provinsi Hubei di China tengah. Tapi Zhao tidak menunjukan bukti lebih lanjut atas tuduhan tersebut.

"CDC tertangkap di tempat. Kapan pasien positif mulai di AS? Berapa banyak orang yang terinfeksi? Apa nama rumah sakit? Mungkin tentara AS yang membawa epidemi ke Wuhan. Coba transparan! Amerika berutang penjelasan kepada kami!" kata pejabat Kementerian Luar Negeri, dikutip dari CNN.com, Sabtu (14/3).

Baca Selanjutnya: Diketahui ratusan atlet dari tentara...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini