Patung Mahatma Gandhi Diturunkan di Ghana Karena Dianggap Rasis

Jumat, 14 Desember 2018 14:10 Reporter : Ira Astiana
Patung Mahatma Gandhi Diturunkan di Ghana Karena Dianggap Rasis Mahatma Gandhi. bonq.com ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Patung pemimpin kemerdekaan India yang terkemuka, Mahatma Gandhi, diturunkan dari sebuah universitas di ibu kota Ghana, Accra, Afrika Barat. Penurunan patung tersebut disebabkan oleh petisi dibuat beberapa dosen yang menilai pemajangan patung tersebut adalah hal rasis.

Para dosen menilai, seharusnya bukan patung Gandhi yang dipajang di universitas mereka, melainkan pahlawan Afrika.

Setelah mendapat tekanan dari publik, akhirnya pemerintah memutuskan untuk merelokasi patung yang diresmikan oleh mantan Presiden India Pranab Mukherjee pada 2016 lalu tersebut.

"Patung itu sebelumnya diletakkan di alun-alun rekreasi universitas, tetapi kemudian dipindahkan pada Rabu (12/12) lalu," demikian keterangan dosen dan mahasiswa, seperti dikutip dari laman BBC, Jumat (14/12).

Pihak universitas menegaskan bahwa penurunan patung ini menjadi tanggung jawab dari Kementerian Luar Negeri dan Integrasi Regional.

Sementara itu, salah satu mahasiswa hukum bernama Nana Adoma Asare Adei mengatakan bahwa dirinya setuju dengan penurunan patung ini.

"Memiliki patung tersebut berarti kita mendukung semua yang dia perjuangkan. Tetatpi jika dia membela hal-hal lain (dugaan rasisme) saya pikir kita tidak harus memajang patungnya di kampus," ujarnya.

Seperti diketahui, Mahatma Gandhi adalah salah satu tokoh paling terkenal di abad ke-20. Dia terkenal karena memimpin perlawanan tanpa kekerasan terhadap pemerintahan kolonial Inggris di India.

Namun, ketika masih pemuda dia tinggal dan bekerja di Afrika Selatan, dan meskipun dia telah mengilhami orang-orang di seluruh dunia, komentarnya tentang orang Afrika kulit hitam telah menjadi kontroversi.

Dalam tulisan-tulisannya, dia menyebut orang Afrika Selatan kulit hitam sebagai "kafir" yang mana merupakan penghinaan rasis sangat ofensif. Dia juga mengatakan bahwa orang India "sangat superior" untuk orang kulit hitam. [ias]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini