KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Militer Amerika kini bukan lagi yang terbaik di dunia

Senin, 19 Juni 2017 07:15 Reporter : Ira Astiana, Pandasurya Wijaya
pasukan tentara Amerika. ©salon.com

Merdeka.com - Selama ini Amerika Serikat dikenal sebagai negara dengan militer terkuat di dunia. Namun rupanya sekarang tidak lagi. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapten Angkatan Darat AS J Scott Metz dalam jurnal profesional Angkatan Darat yang ditulisnya.

Metz mengklaim saat ini militer AS bukan lagi angkatan yang terbaik di dunia sebab pasukan militer AS saat ini tidak siap berperang sebagai mitra multinasional.

"Saya rasa pasukan negara lain secara taktis lebih baik daripada kita. Selain itu, kita juga tidak cukup memberi pelatihan di markas induk. Bahkan, sekutu dan beberapa musuh potensial lebih siap daripada pasukan AS," ungkap Metz, seperti dilansir dari laman Independent, pekan lalu.

Menurut Metz, masalah kesiagaan merupakan alasan utama angkatan militer AS tidak lagi unggul. Kesiagaan itu mencakup segala hal mulai dari kurangnya pantauan terhadap persediaan dan sertifikasi senjata yang didapat tentara, hingga dokumen yang tepat dalam arsip di sistem komputer Departemen Pertahanan.

"Para pemimpin militer senior membuat kesiagaan menjadi prioritas utama, namun unit-unit kecil dan komandan yang bertugas dalam pelatihan dan pekerjaan administratif tidak diberi cukup waktu untuk mempersiapkan segalanya," papar Metz.

Selain itu, Metz juga mengungkapkan pasukan militer AS saat ini tidak mengetahui bagaimana cara memanfaatkan medan perang untuk mereka jadikan keuntungan setiap kali sedang terlibat latihan bersama. Ini merupakan sesuatu yang seharusnya dilatih di tempat asal mereka.

Kendati demikian artikel yang ditulis Metz ini sifatnya sangat subjektif. Selain itu, Metz juga mengungkapkan pendapat berdasarkan perspektifnya terhadap Angkatan Darat, bukan militer AS secara keseluruhan.

Meski begitu, senada dengan Metz, Jenderal veteran Amerika Serikat Robert H. Scales tak sungkan-sungkan mengungkapkan kekagumannya akan kemampuan teknologi militer Rusia dalam tulisannya di koran the Washington Post tahun lalu.

Dia bahkan menilai teknologi perang Rusia sudah melampaui kemampuan Amerika Serikat. Berikut ini adalah tulisan Scales yang dikutip dari situs National Post, (8/8/2016):

November lalu, saat saya mengunjungi markas militer AS di Eropa saya mendapat cerita tentang kemampuan militer Rusia di Ukraina dari seorang intelijen muda. Dia mengisahkan dengan rinci apa yang terjadi saat pertempuran di Zelenopillya, Juli 2014. Pada waktu itu sebuah alat tempur Rusia mampu menghabisi dua batalion mesin tempur Ukraina hanya dalam tempo beberapa menit.

Kompetisi Tank Biathlon 2016 ©2016REUTERS/Maxim Shemetov




Saya tidak bisa membayangkan peralatan tempur AS bisa punya kehebatan yang sama semacam itu. Saya menyadari Ukraina telah menjadi ajang pamer kekuatan militer Rusia.

Ini pertama kalinya sejak Perang Dingin, kekuatan perang Amerika kalah oleh militer asing.

Kekutan artileri Rusia di Ukraina memperlihatkan, selama dua dekade terakhir, teknologi Rusia telah melampaui kita. Teknologi persenjataan perang elektronik yang diperlihatkan Rusia di Ukraina adalah yang terbaik di dunia, jauh dari kemampuan kita. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Amerika Serikat
  2. Rusia
  3. Militer
  4. Jakarta

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.