Malaysia gagalkan penyelundupan 131 imigran Sri Lanka

Minggu, 6 Mei 2018 11:50 Reporter : Ira Astiana
Malaysia gagalkan penyelundupan 131 imigran Sri Lanka penyelundupan warga Sri Lanka. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pihak berwenang Malaysia mencegat sebuah kapal tanker berisi 131 warga Sri Lanka yang melintas di perairannya. Diduga kuat mereka semua akan diselundupkan ke Australia dan Selandia Baru.

Diduga, upaya penyelundupan seperti ini sudah berlangsung sejak setahun terakhir. Namun baru bisa terungkap saat ini.

"Pihak berwenang menghentikan kapal tanker yang dimodifikasi di lepas pantai negara bagian Johor selatan," kata kepala kepolisian nasional, Mohamad Fuzi Harun, dikutip dari Washingtom Post, Minggu (6/5).

"Di dalamnya terdapat para imigran Sri Lanka di mana di antaranya termasuk 98 pria, 24 wanita, empat anak laki-laki, dan lima anak perempuan," lanjutnya.

Harun menambahkan, polisi juga menyerbu kapal nelayan yang digunakan untuk mengangkut para imigran ke dalam kapal dan menahan empat warga Malaysia dan tiga warga negara Indonesia.

"Lima warga Malaysia lainnya ditangkap karena diduga terlibat dalam sindikat penyelundupan," ungkapnya.

"Sindikat ini sudah beroperasi sejak pertengahan 2017 dan memiliki koneksi di negara-negara Sri Lanka, Australia, Selandia Baru, Indonesia, dan Malaysia," tambahnya.

Harun menjelaskan sebanyak 127 warga Sri Lanka itu akan dikenai denda karena memasuki Malaysia secara ilegal. Sementara orang-orang diduga terlibat dengan penyelundupan ini akan diselidiki oleh pihak berwenang. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini