Kim Jong Un Angkat Adiknya Duduki Jabatan Penting di Lembaga Tinggi Pemerintah

Kamis, 30 September 2021 15:04 Reporter : Hari Ariyanti
Kim Jong Un Angkat Adiknya Duduki Jabatan Penting di Lembaga Tinggi Pemerintah Kim Yo Jong. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ditunjuk menduduki jabatan penting di lembaga tinggi pemerintah, menurut laporan kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA pada Kamis (30/9).

Kim Yo Jong, yang merupakan penasihat utama kakaknya, diangkat menduduki jabatan di Komisi Urusan Luar Negeri, di tengah serangkaian perombakan pejabat yang disetujui Majelis Rakyat Tertinggi.

Tidak kurang dari sembilan anggota komisi diberhentikan, termasuk salah satu wakil presidennya, Pak Pong Ju, dan diplomat Choe Son Hui, seperti dilansir laman The Star, Kamis (30/9).

Kim Yo Jong senior memainkan peran kunci dalam negosiasi dengan Amerika Serikat.

Surat kabar resmi Rodong Sinmun memuat potret delapan orang yang baru diangkat pada Kamis, Kim Yo Jong paling menarik perhatian di antara mereka karena selain masih muda juga menjadi satu-satunya pejabat perempuan.

Kim Yo Jong kerap terlihat bersama kakaknya, Kim Jong Un termasuk dalam pertemuan puncak Kim Jong Un dengan dengan presiden AS saat itu, Donald Trump dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in. Kim Jong Un dan Kim Yo Jong sama-sama bersekolah di Swiss.

Peran politiknya telah lama menjadi bahan spekulasi -- seperti juga kemungkinan Kim Yo Jong suatu hari nanti akan menggantikan kakaknya, sebuah transisi yang akan memberikan Korea Utara pemimpin perempuan pertamanya.

Kim Yo Jong juga beberapa kali melontarkan kecaman pedas terhadap Washington atau Seoul, terutama sebelum Korea Utara meledakkan kantor penghubung di sisi perbatasannya yang telah dibangun dan didanai Korea Selatan.

Jabatan resminya naik dan turun dari waktu ke waktu, tetapi posisinya di Komite Urusan Luar Negeri sejauh ini merupakan jabatan paling tinggi yang pernah diembannya. [pan]

Baca juga:
Membandingkan Program Rudal Korea Selatan dan Korea Utara, Siapa Lebih Unggul?
Korea Utara Lakukan Uji Coba Rudal Hipersonik Baru
Foto Satelit Tunjukkan Korea Utara Perluas Fasilitas Pengembangan Nuklir
Korea Utara Luncurkan Rudal dari Kereta

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini