Joe Biden Menghindar Saat Ditanya Wartawan Soal Israel

Rabu, 19 Mei 2021 13:12 Reporter : Hari Ariyanti
Joe Biden Menghindar Saat Ditanya Wartawan Soal Israel Joe Biden. ©2020 AFP

Merdeka.com - Amerika Serikat merupakan sekutu dekat Israel. Dalam agresi Israel di Jalur Gaza yang terbaru, Presiden AS Joe Biden membela Israel, menyebut Israel berhak membela diri.

Belum lama ini, Joe Biden menghindar saat ditanya terkait Israel. Pertanyaan itu diajukan saat Biden melakukan tes mengemudi truk elektronik di Michigan. Biden langsung menginjak pedal gas saat ditanyai tentang agresi Israel tersebut, seperti terlihat dalam video BBC.

Saat melihat Biden, sejumlah wartawan menanyakan bagaimana pengalaman mengemudinya. Kemudian salah seorang wartawan mengatakan, “Bapak Presiden, bisakah saya mengajukan pertanyaan cepat tentang Israel sebelum Anda pergi karena ini penting?”

“Tidak, tidak bisa,” jawab Biden.

“Tidak (bisa), kecuali jika Anda berada di depan mobil saat saya buru-buru. Enggak, saya hanya becanda,” lanjutnya.

Biden kemudian tancap gas tanpa menjawab pertanyaan soal Israel tersebut.

Sebelumnya ketika dia keluar dari pesawat kepresidenan Air Force One, dia bertemu langsung anggota parlemen AS keturunan Palestina, Rashida Tlaib yang menyambutnya di landasan. Rashida merupakan salah satu pengkritik Biden dalam masalah Palestina-Israel. Keduanya terlihat bercakap-cakap sesaat setelah Biden turun dari pesawat kepresidenan.

Pekan lalu, Biden menelepon Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk membahas memanansnya ketegangan Palestina-Israel. Dalam pembicaraan itu Biden mengatakan "Israel punya hak untuk membela diri ketika ribuan roket meluncur menuju wilayah negara Anda."

Biden juga menuturkan dia berharap konflik terbaru ini bisa segera usai. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini