Jakarta Disebut Seperti Singapura dan Bangladesh, Begini Gambarannya

Selasa, 29 Januari 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Jakarta Disebut Seperti Singapura dan Bangladesh, Begini Gambarannya Pelican Crossing Jakarta Mirip Singapura. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Wapres Jusuf Kalla bersama beberapa menteri dan Gubernur DKI Anies Baswedan melakukan peninjauan kondisi kemacetan melalui udara, Senin (28/1). JK dan rombongan meninjau kondisi lalu lintas di jantung ibu kota. Usai peninjauan, JK memimpin rapat koordinasi tentang rencana integrasi sistem transportasi antarmode se-Jabodetabek di Kantor Wakil Presiden Jakarta.

Dalam rapat itu, JK menyebut kontrasnya kondisi Jalan Thamrin dengan Tanjung Priok. "Ini Jakarta kalau kita ada di Jalan Thamrin itu seperti di Singapura, tapi kalau kita di belakangnya, itu Tanjung Priok seperti Bangladesh," kata JK.

Lalu, seperti apakah gambaran jalan-jalan di Singapura dan Bangladesh:

1 dari 5 halaman

Adanya MRT dan LRT di Singapura

MRT Singapura. ©2019 gov.sg

Mass Rapid Transit atau MRT Singapura menjadi andalan masyarakat Singapura dan pengunjung. Alasannya, selain bebas macet, jarak tempuh dengan MRT jauh lebih cepat dan murah. Selain itu, MRT menjangkau tempat-tempat wisata Singapura. Tiga jalur yang paling sering digunakan adalah East West Line (Green Line), North East Line (Purple Line), dan Downtown Line (Blue Line) yang terbaru.

Tak sepopuler MRT, LRT hanya beroperasi di wilayah pinggiran. LRT menyusuri pinggiran Singapura dan melewati blok-blok apartemen yang tengah kawasan yang hijau dan sepi.

Rangkaian LRT juga tak sepanjang MRT, hanya terdiri dari 1 atau 2 rangkaian dengan petugas stasiun yang menjaga.

2 dari 5 halaman

Bus-bus Kota di Singapura

Bus di Singapura. Channelnewsasia.com

Untuk meminimalisir kemacetan, Singapura menyediakan bus-bus kota yang menjangkau hampir seluru wilayah Singapura. Pengguna bus bisa menunggu di halte-halte yang sudah disiapkan. Di sana juga disediakan peta jalur beserta nomor bus tujuan.

Tak sulit menggunakan bus kota ini. Halte bus disediakan di pinggir jalan untuk lebih memudahkan masyarakat.

3 dari 5 halaman

Jalur Khusus Pejalan Kaki yang Aman dan Nyaman

Kota di Singapura. ©The Finder Singapore

Di Singapura, pejalan kaki tak perlu takut tertabrak. Karena kedisiplinan di negara ini sangat di junjung tinggi. Ada pula pelican crossing. Jadi pejalan kaki bisa menyebrang sesuai dengan arahan lampu lalu lintas. Bahkan berjalan kaki di malam hari juga akan tetap aman.

4 dari 5 halaman

Kondisi Masyarakat di Bangladesh

Warga Bangladesh berburu tiket mudik. ©AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN

Lalu bagaimana di Bangladesh? Potret kondisi Bangladesh masih terus diperbaiki. Terutama masalah kesejahteranan masyarakatnya. Di Kandapara, Bangladesh, beberapa wanita bekerja sebagai pekerja seks komersial (PSK).

"Kandapara merupakan sebuah lokasi prostitusi yang memiliki lingkaran kehidupan sendiri. Itu seperti kota yang ada di dalam kota. Di lokasi tersebut, terdapat banyak jalan-jalan kecil, kedai makanan sepanjang jalan, kedai teh dan kopi serta penjual keliling yang selalu mondar-mandir," ujar fotografer asal Jerman, Sandra Hoyn.

Di sisi lain, Bangladesh juga akan membuat "Bangladesh Smart City" seperti Singapura. Perubahan ini akan di fokuskan di Dhaka, pusat kota di Bangladesh. Beberapa rencana yang akan dilakukan seperti kota yang bersih, ruang hijau yang luas, perumahan yang terjangkau, dan angkutan umum yang memadai. Selain itu, akan ada persediaan air sendiri, sistem pembuangan limbah, pengolahan limbah dan produksi energi.

5 dari 5 halaman

Angkutan Umum di Bangladesh

Warga Bangladesh mudik dengan kereta. ©Reuters/Mohammad Ponir Hossain

Bus dan kereta menjadi angkutan paling diandalkan. Dahulu, bus-bus di negara ini sangat reyot dan tak layak pakai. Kini, sudah banyak bus-bus ekspor baru yang lebih baik. Sama dengan bus, beberapa kereta di Bangladesh juga semakin diperbarui. Beberapa kereta Indonesia banyak yang diekspor ke Bangladesh.

Jika dilihat masa dulu, kondisi Bangladesh sangat memprihatinkan. Bus penuh dan banyaknya kejahatan, kereta yang penuh sesak hingga penumpang menumpuk di atap kereta.

[has]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini