Guru spiritual India dihukum seumur hidup karena lakukan pelecehan seksual

Rabu, 25 April 2018 15:35 Reporter : Ira Astiana
Guru spiritual India dihukum seumur hidup karena lakukan pelecehan seksual Asaram Bapu. Getty Images

Merdeka.com - Seorang guru spiritual India dijatuhi hukuman lantaran terbukti bersalah memerkosa muridnya. Asaram Bapu divonis hukuman penjara minimal 10 tahun dan maksimal seumur hidup atas perbuatannya. Ini merupakan undang-undang baru di India bagi pelaku kejahatan seksual anak di bawah umur .

"Dia terbukti bersalah telah melakukan pemerkosaan. Dia telah melanggar undang-undang perlindungan anak dan akan dijatuhi hukuman penjara paling sedikit 10 tahun dan maksimal seumur hidup," kata kuasa hukum Bapu, Utsav Bains, dikutip dari laman AFP, Rabu (25/4).

Bapu menjalani sidang tertutup di pengadilan Jodhpur, Negara Bagian Rajasthan. Ratusan polisi menjaga ketat gedung pengadilan selama sidang berlangsung.

Selain di ruang sidang, pasukan polisi juga dikerahkan ke beberapa negara bagian India lain karena dikhawatirkan para pengikut Bapu akan melakukan aksi unjuk rasa.

Sebagaimana diketahui, Bapu merupakan guru spiritual yang memiliki jutaan pengikut di India. Dia melakukan pemerkosaan terhadap muridnya yang masih remaja dengan dalih menyingkirkan roh jahat yang menempel pada tubuh murid tersebut.

Namun pria 77 tahun itu tetap berkeras membantah melakukan pemerkosaan. Sebaliknya, dia mengklaim selalu mengajak para pengikutnya untuk hidup di bawah aturan yang benar dan bebas dari hasrat seksual. [frh]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Pemerkosaan India
  3. India
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini