DPR Minta Indonesia Gunakan Segala Cara untuk Ajak AS dan Iran Turunkan Ketegangan

Kamis, 23 Januari 2020 18:11 Reporter : Hari Ariyanti
DPR Minta Indonesia Gunakan Segala Cara untuk Ajak AS dan Iran Turunkan Ketegangan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. ©2020 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Awal 2020 dibuka dengan ketegangan di kawasan Timur Tengah yang diprediksi bakal memicu Perang Dunia III. Semua bermula dari pembunuhan Panglima Pasukan Garda Revolusi Iran, Jenderal Qassim Sulaimani dalam serangan udara Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Irak. Iran saat itu bersumpah untuk membalas kematian Sulaimani. Sepekan kemudian, Iran membalas dengan menyerang dua pangkalan pasukan AS di Irak.

Menanggapi hal ini, sejumlah negara menyerukan kedua negara menurunkan ketegangan, salah satunya Indonesia. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi saat itu langsung memanggil Dubes Iran dan Dubes AS untuk Indonesia membahas hal ini.

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid mengatakan, walaupun nampaknya saat ini AS tak akan masuk lebih jauh ke Iran, namun langkah Presiden Donald Trump terkadang sulit diprediksi. Karena itulah pihaknya meminta Indonesia terus terlibat dan memanfaatkan seluruh jaringannya untuk mencegah terjadinya eskalasi makin meningkat antara Iran dan AS.

"Pesan kepada Kementerian Luar Negeri bahwa kita, Indonesia has to do all we can untuk membantu mencegah potensi yang tidak kita harapkan tidak terjadi. Kemlu perlu gunakan segala cara, mengontak semua orang, melibatkan sebanyak mungkin orang-orang yang terlibat dalam hal ini," jelasnya dalam diskusi Centre for Dialogue and Cooperation Among Civilizations (CDCC) di Jalan Warung Jati Timur Raya, Jakarta Selatan, Kamis (23/1) sore.

Baca Selanjutnya: Ekonomi Bisa Terganggu...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini