CEK FAKTA: Viral NASA Prediksi Matahari Terbit dari Barat, Simak Faktanya

Kamis, 24 November 2022 14:48 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Viral NASA Prediksi Matahari Terbit dari Barat, Simak Faktanya ilustrasi sinar matahari. neefusa.org

Merdeka.com - Beredar tangkapan layar koran yang mengklaim bahwa Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mengumumkan kemungkinan matahari akan terbit dari barat, serta menyebut fenomena ini disebabkan oleh berubahnya arah rotasi bumi dan penanda datangnya hari kiamat.

"NASA konfirmasi kemungkinan matahari akan terbit dari barat," tulis judul berita di potongan koran berbahasa Inggris.

Sedangkan status unggahan Facebook itu berbunyi: "Ini adalah informasi dari NASA, bahwa pada tanggal 30 Juli, matahari akan terbit dari barat."

Penelusuran

Dikutip dari AFP Periksa Fakta, NASA mengatakan bahwa klaim yang menyebut matahari akan terbit dari barat adalah salah.

"Baik NASA atau organisasi ilmiah lainnya tidak memprediksi matahari akan terbit dari barat," Bettina Inclán, seorang associate administrator komunikasi NASA, mengatakan melalui email pada tanggal 20 Februari 2019.

Bettina menjelaskan pembalikan kutub magnet adalah fenomena nyata yang telah terjadi berkali-kali di masa lalu, dan para ilmuwan di seluruh dunia mempelajarinya. Tetapi pembalikan yang menyebabkan bumi berputar ke arah yang berlawanan sehingga menyebabkan matahari terbit di barat adalah salah.

NASA dan organisasi ilmiah lainnya kerap menjadi sasaran berita klaim sains hoaks. Menurutnya isu matahari terbit dari barat ini sama seperti isu kiamat yang kerap beredar dan berlalu di masyarakat.

Di situs resminya, NASA hanya menerbitkan artikel berjudul “Mengapa Matahari terbit di timur dan terbenam di barat?" Artikel tersebut NASA menjelaskan bahwa bumi berputar ke arah timur. Sehingga, matahari, bulan, planet dan bintang semua terbit dari timur dan bergerak ke barat melintasi langit.

"Bumi berotasi atau berputar ke arah timur, dan itulah sebabnya matahari, bulan, planet-planet, dan bintang-bintang semuanya terbit di timur dan bergerak ke arah barat melintasi langit," tulis artikel itu.

Kesimpulan

NASA prediksi matahari akan terbit di barat adalah klaim yang salah. NASA telah membantah telah mengeluarkan pernyataan matahari akan terbit dari barat.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.32PC838
https://starchild.gsfc.nasa.gov/docs/StarChild/questions/question14.html

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini