CEK FAKTA: Video Tanah Longsor Ini Bukan di Cianjur

Kamis, 24 November 2022 13:14 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Video Tanah Longsor Ini Bukan di Cianjur CEK FAKTA: Video Tanah Longsor Ini Bukan di Cianjur. ©2022 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Viral video tanah longsor yang diklaim terjadi di Cianjur pada Rabu (23/11). Dalam rekaman berdurasi 29 detik terlihat sebongkah besar tanah terlepas dari lereng bukit dan runtuh. Membuat jalan disekitar bukit juga tersapu longsor.

Longsor tersebut diklaim membuat jalur Puncak Cianjur putus dan tidak bisa dilalui. Berikut narasinya:

"terjadi tdi siang Tgl.23/11/22 jln puncak Cianjurlongsor jln yg menghubungkan antar kota dalam provinsi... bgi pengguna jln baik dri Jakarta ke Bogor Cianjur Bandung DLL.. begitu juga sebaliknya untuk saat ini tidak bisa di lewati dikarenakan longsor"

cek fakta video tanah longsor ini bukan di cianjur
©TikTok

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com melakukan penelusuran dengan memasukkan tanggapan layar video ke Google Image. Hasilnya, video longsor bukan terjadi di Cianjur tetapi di Himachal Pradesh, India. Video identik salah satunya diunggah situs The Indian Expres berjudul "Watch: Massive landslide sweeps away portion of road in Himachal Pradesh"

Video tersebut merekam longsor yang terjadi di distrik Sirmaur di Himachal Pradesh pada 30 Juli 2021. kantor berita ANI melaporkan pada hari Jumat. Visual dramatis dari insiden tersebut menunjukkan sebongkah besar tanah terlepas dari lereng bukit dan runtuh ke ngarai di bawahnya. Sebagian jalan juga tersapu longsor.

Menurut tweet yang dibagikan oleh pemimpin Kongres Srinivas BV, insiden tersebut terjadi di dekat Badwas di Nahan.

Di distrik Kullu, empat orang termasuk seorang turis yang hanyut di anak sungai Parvati dikhawatirkan tewas. Kepala Sekretaris Anil Kumar Khachi mengatakan kepada wartawan di Shimla pada Rabu malam bahwa dalam 24 jam terakhir, setidaknya 14 orang telah kehilangan nyawa.

Video yang sama juga diunggah situs The Economic Times berjudul "Watch: Landslides hit Himachal's Sirmaur district, NH 707 temporarily blocked" pada Juli 2021.

Tanah longsor melanda distrik Sirmaur di Himachal Pradesh. National Highway 707 diblokir di dekat barwas karena tanah longsor.

Kesimpulan

Video tanah longsor yang diklaim terjadi di Cianjur adalah keliru. Faktanya, video itu merekam longsor melanda distrik Sirmaur di Himachal Pradesh, India bagian Utara pada Juli 2021.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://vt.tiktok.com/ZS81L9BQe/
https://indianexpress.com/article/india/scary-video-road-collapse-landslide-sirmaur-himachal-pradesh-7430659/
https://economictimes.indiatimes.com/news/india/watch-landslides-hit-himachals-sirmaur-district-nh-707-temporarily-blocked/videoshow/84886843.cms?from=mdr

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini