CEK FAKTA: Tidak Benar Video Prabowo Subianto Ditunjuk jadi Cawapres Anies Baswedan

Jumat, 9 Desember 2022 13:46 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Video Prabowo Subianto Ditunjuk jadi Cawapres Anies Baswedan Prabowo dan Anies Baswedan resmikan Roemah Djoeang. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Sebuah video bernarasi Prabowo Subianto mendampingi Anies Baswedan menjadi calon wakil presiden di Pilpres 2024, beredar di aplikasi TikTok.

Video berdurasi 2 menit 45 detik menampilkan cuplikan video Prabowo dengan Surya Paloh. Kemudian video tersebut juga memperlihatkan Prabowo Subianto dengan Anies Baswedan.

Di akhir video terdapat tangkapan layar dari sebuah situs artikel berjudul "Prabowo menjadi wakil presiden Anies Baswedan". Video terdapat keterangan:

"Prabowo menjadi wakil presiden Anies baswedan"

cek fakta tidak benar video prabowo subianto ditunjuk jadi cawapres anies baswedan
©TikTok

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Setelah dilakukan penelusuran, video Prabowo menjadi calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan adalah tidak benar. Video beredar merupakan potongan-potongan video berbeda, dan tidak berkaitan dengan Prabowo yang menjadi calon wakil presiden.

Pertama, video detik ke-3 menampilkan Prabowo Subianto yang memakai kemeja putih dengan Surya Paloh, identik dengan video yang diunggah KompasTV berjudul "Pertemuan Prabowo-Surya Paloh Hasilkan 3 Kesepakatan" pada 14 Oktober 2019.

Kemudian video detik ke-34, kembali menampilkan Prabowo-Surya paloh namun di waktu yang berbeda yakni pertemuan dilakukan pada 2022. Video identik diunggah Kompastv pada 1 Juni 2022 berjudul "Prabowo Subianto Bertemu Surya Paloh. Prabowo: "Kita Punya Visi yang Sama""

Video Prabowo bersama Anies Baswedan, diunggah YouTube CNN Indonesia berjudul "Anies Baswedan - Sandi Berpelukan Erat Usai Deklarasi Kemenangan Oleh Prabowo," pada 19 April 2017 lalu.

Ketua Umum Partai Garindra Prabowo Subianto mengucapkan selamat kepada Anies Baswedan dan Sandi yang berhasil memenangi kompetisi Pilgub DKI.

Menurut Prabowo, keunggulan Anies Baswedan -Sandiaga Uno di Pilgub DKI adalah kemenangan seluruh rakyat Jakarta. Pada kesempatan ini Anies-Sandi juga mengucapkan terima kasihnya kepada para pendukung yang terlibat.

Sementara itu terkait tangkapan layar berita berjudul ""Prabowo menjadi wakil presiden Anies Baswedan" identik seperti diunggah situs Gelora.

Dijelaskan jika Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Ali, mengajak Partai Gerindra bergabung melakukan penjajakan Koalisi Perubahan bersama PKS dan Demokrat untuk mendukung Anies Baswedan menjadi presiden di 2024.

Menurutnya, bukan tidak mungkin nantinya Anies diduetkan dengan Prabowo Subianto jika Gerindra merapat ke Koalisi Perubahan. Pernyataan Ali itu menyusul adanya isu PKS diharapkan bisa bersama lagi dengan Gerindra seperti Pilpres 2014 dan 2019.

"Kita sih berharap Gerindra bergabung di koalisi perubahan dukung Anies jadi presiden," kata Ali saat dihubungi, Senin (5/12/2022).

"Bisa jadi Anies presiden Prabowo wakil presiden kan," sambungnya.

Menurutnya, komposisi Prabowo sebagai wakil Anies merupakan tawaran jika Gerindra nantinya bergabung dengan Koalisi Perubahan. Jika tak ada titik temu, Gerindra dipersilakan memilih koalisi lain.

"Kan Anies sudah dicalon kan oleh koalisi perubahan ya kalau tidak ketemu itu ya berarti tidak bergabung. Sederhana aja lah," ungkapnya.

Kendati begitu, Ali menegaskan, NasDem tetap menghargai posisi Gerindra yang kekinian kembali mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden.

"Kita juga mengahargai proses pencapresan pak Prabowo di Gerindra itu hal yang kita hormati tentu NasDem mengharapkan Gerindra menghormati juga proses yang sudah berjalan," pungkasnya.

Anies sebagai calon Presiden yang diusung NasDem terus melakukan safari politiknya diberbagai daerah di Indonesia. Namun sampai saat ini, Anies belum menunjuk nama sebagai calon wakil presidennya.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Video bernarasi Prabowo menjadi calon wakil presiden Anies Baswedan di Pilres 2024 adalah keliru. Faktanya sampai saat ini, Anies belum menentukkan siapa yang akan menjadi cawapresnya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.tiktok.com/@sultan_malik60/video/7174613263324433691?_r=1&_t=8Y0IuOa4wra&is_from_webapp=v1&item_id=7174613263324433691
https://www.youtube.com/watch?v=Pk7UdAzUAn4
https://www.youtube.com/watch?v=gbhN4TfHqt4
https://www.youtube.com/watch?v=6-ocThqkxDY
https://www.gelora.co/2022/12/ajak-gerindra-gabung-ke-koalisi.html

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini