CEK FAKTA: Tidak Benar Narasi PM Singapura Disambut Joe Biden, Sedangkan Jokowi Tidak

Jumat, 20 Mei 2022 11:54 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Narasi PM Singapura Disambut Joe Biden, Sedangkan Jokowi Tidak Tidak Benar Narasi PM Singapura Disambut Joe Biden, Sedangkan Jokowi Tidak. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar kabar adanya perbedaan penyambutan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PM Singapura Lee Hsien Loong saat kunjungan ke Amerika Serikat. Dalam narasi yang beredar, PM Singapura Lee Hsien Loong dijemput langsung oleh Presiden AS Joe Biden sedangkan Presiden Jokowi hanya dijemput oleh Duta Besar Indonesia untuk AS.

Narasi tersebut, menyertakan foto PM Singapura Lee Hsien Loong bersama Presiden AS Joe Biden. Berikut narasinya:

"Presiden AS Menjemput PM Singapura, sementara Jokowi hanya Dijemput Dubes Indonesia untuk AS. Ada Apa?."

tidak benar narasi pm singapura disambut joe biden sedangkan jokowi tidak
©2022 Merdeka.com

Penelusuran

Hasil penelusuran, terkait klaim PM Singapura Lee Hsien Loong dijemput langsung oleh Presiden AS Joe Biden sedangkan Presiden Jokowi hanya dijemput oleh Dubes Indonesia untuk AS adalah keliru.

Dilansir dari situs resmi Gedung Putih, berjudul "FACT SHEET: U.S.-ASEAN Special Summit in Washington, DC" yang diunggah 12 Mei 2022. Disebutkan Presiden Biden akan menyambut para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Tenggara (ASEAN) untuk KTT Khusus AS-ASEAN yang bersejarah, yang diadakan untuk pertama kalinya di Washington D.C. dan di Gedung Putih.

Sedangkan foto PM Singapura Lee Hsien Loong bersama Presiden AS Joe Biden foto yang diambil di Gedung Putih, foto itu diambil saat Joe Biden menyambut para pemimpin ASEAN di Gedung Putih.

tidak benar narasi pm singapura disambut joe biden sedangkan jokowi tidak
©2022 Merdeka.com

Foto itu diunggah Lee Hsien Loong di akun Twitter resminya, @leehsienloong pada 13 Mei 2022. "The ASEAN-US Special Summit kicked off today.
@POTUS Joe Biden welcomed ASEAN leaders to the White House. Also met with US business leaders & had lunch with @SpeakerPelosi. The plenary sessions take place tomorrow. – LHL http://go.gov.sg/f7tgkx," keterangan dalam unggahnya.

Sementara itu, foto Presiden Jokowi bersama Joe Biden dengan latar yang sama diunggah akun Twitter resmi Jokowi, @jokowi pada 13 Mei 2022. Foto tersebut diberi keterangan;

"Disambut Presiden Joe Biden di halaman Gedung Putih, lalu kami berfoto bersama menghadap ke arah Monumen Nasional. Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-AS adalah status kemitraan tertinggi, yang penting di tengah situasi dunia yang penuh ketidakpastian saat ini."

tidak benar narasi pm singapura disambut joe biden sedangkan jokowi tidak
©2022 Merdeka.com

Kesimpulan

Klaim PM Singapura Lee Hsien Loong dijemput langsung oleh Presiden AS Joe Biden sedangkan Presiden Jokowi hanya dijemput oleh Dubes Indonesia untuk AS adalah keliru. Faktanya, Jokowi dan Lee Hsien Loong sama-sama disambut Joe Biden di Gedung Putih.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini