CEK FAKTA: Tidak Benar, Ini Video Kerusakan Jalan Pascagempa Cianjur

Kamis, 24 November 2022 17:24 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar, Ini Video Kerusakan Jalan Pascagempa Cianjur CEK FAKTA: Tidak Benar, Ini Video Kerusakan Jalan Pascagempa Cianjur. ©Twitter

Merdeka.com - Pascagempa bumi mengguncang Cianjur pada Senin (21/11), di media sosial beredar video yang diklaim sebagai kondisi jalanan dan bangunan rusak parah pascagempa.

Seperti video diunggah di Twitter, memperlihatkan jalan terbelah dan bangunan-bangunan yang hancur parah. Dalam narasinya, itu rekaman situasi usai gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Pray for Cianjur.."

cek fakta tidak benar ini video kerusakan jalan pascagempa cianjur
©Twitter

Penelusuran

Hasil penelusuran, video yang diklaim sebagai kondisi jalanan dan bangunan rusak parah pascagempa Cianjur adalah keliru. Video itu diambil saat gempa bumi di Palu dan Donggala pada 2018 lalu.

Video yang sama diunggah situs The Guardian berjudul "The car is on top of the house' footage emerges from quake-ravaged Donggala – video" pada 1 Oktober 2018.

Rekaman kehancuran telah muncul dari perbukitan di luar kota Donggala, Indonesia. Donggala, yang terletak di pulau Sulawesi diguncang gempa 7,5 pada 28 September 2018.

Kesimpulan

Video yang diklaim sebagai kondisi jalanan dan bangunan rusak parah pascagempa Cianjur adalah keliru. Video itu diambil saat gempa bumi di Palu dan Donggala pada 2018 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://twitter.com/IsNfn/status/1594635181352431617
https://www.instagram.com/p/ClTfmq3vqJb/
https://www.theguardian.com/world/video/2018/oct/01/the-car-is-on-top-of-the-house-footage-emerges-from-quake-ravaged-donggala-video

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini