CEK FAKTA: Tidak Benar China Ekspor Truk Kontainer Berisi Narkoba ke Indonesia

Jumat, 11 Juni 2021 15:05 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar China Ekspor Truk Kontainer Berisi Narkoba ke Indonesia BNN musnahkan sabu dan ekstasi. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Beredar video pengungkapan kasus narkotika yang diklaim berasal dari China. Narkotika diselundupkan dengan modus ekspor truk kontainer.

Video itu terlihat petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) membongkar plat besi bagian dalam kontainer yang berisi narkotika. Narkotika yang diklaim dari China itu disembunyikan di balik plat besi kontainer tersebut.

"BNN PERIKSA TRUK CONTAINNER YANG SENGAJA DIEKSPOR OLEH CINA TIONGKOK,
JELAS KAN SIAPA PERUSAK NEGERI INI?
MASIH MAU BELA?"

tidak benar china ekspor truk kontainer berisi narkoba ke indonesia

Penelusuran

Hasil penelusuran, dilansir dari Medcom, video tersebut adalah pengungkapan penyelundupan ganja jaringan Aceh pada tahun 2019. Badan Narkotika Nasional (BNN) menyita ganja seberat 1,4 ton asal Aceh. Selain barang bukti, petugas juga meringkus lima orang tersangka di tempat berbeda.

Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko menjelaskan, ganja yang disita diselundupkan melalui jalur darat dan jalur udara (via kargo).

"Keseluruhan barang bukti di tiga lokasi berbeda, yakni di kargo Bandara Soekarno Hatta, Depok, dan Bogor, Jawa Barat," kata Heru, Jumat (1/2/2019) dilansir Liputan6.com

Heru menceritakan terungkapnya kasus tersebut. Awalnya, petugas menyelidiki truk jenis engkel yang berangkat dari Aceh. Petugas pun membuntuti truk hingga menuju Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat.

Petugas pun menangkap dan menggeledah truk menggunakan anjing pelacak. Ternyata ditemukan bungkusan-bungkusan ganja yang disembunyikan dalam kompartemen khusus di dasar truk yang ditutup dengan pelat besi.

"Kami menangkap sopir truk berinisial BS saat akan meninggalkan kendaraan dan menitipkan kuncinya kepada tukang parkir. BS ditangkap Rabu, 30 Januari 2019 sekitar pukul 13.35 WIB. Jadi, oleh tersangka truk dikamuflase sebagal reefer truck," ucap dia.

Kesimpulan

Informasi video pengungkapan kasus narkotika yang diklaim berasal dari China dengan modus ekspor truk kontainer adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah pengungkapan penyelundupan ganja 1,4 ton jaringan Aceh pada tahun 2019.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/news/read/3885147/bau-ganja-kering-di-truk-asal-aceh
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/eN43nxyK-cek-fakta-tiongkok-ekspor-truk-kontainer-berisi-narkoba-ke-indonesia-ini-faktanya [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini